PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN MENGGUNAKAN METODE PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM

ZAKIYATUL HABIBAH OKTAVI, NIM. 12670026 (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN MENGGUNAKAN METODE PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN MENGGUNAKAN METODE PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM)
12670026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OSBORN MENGGUNAKAN METODE PREDICT, OBSERVE, AND EXPLAIN (POE) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM)
12670026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn menggunakan metode Predict, Observe, and Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains siswa. Selain itu, untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Osborn menggunakan metode Predict, Observe, and Explain (POE) terhadap hasil belajar siswa SMA N 1 Kasihan Bantul kelas XI semester genap pada materi hidrolisis garam. Penelitian ini termasuk Quasi Eksperimental dengan desain non equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Osborn menggunakan metode Predict, Observe, and Explain (POE) sedangkan variabel terikatnya adalah keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Kasihan Bantul semester genap tahun Ajaran 2015/2016 kelas XI MIA pada materi pokok hidrolisis garam. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data pada penilaian ini dengan cara tes, observasi dan penilain diri (self assessment). Teknik analisis data keterampilan proses sains dilakukan dengan uji t sedangkan hasil belajar siswa dilakukan analisis deskriptif dan uji t. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran model Osborn menggunakan metode Predict, Observe, and Explain (POE) terhadap keterampilan proses sains dengan signifikansi sebesar 0,000 dan hasil belajar siswa dengan nilai signifikansi sebesar 0,003.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asih Widi Wisudawati, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Osborn, metode Predict, Observe, and Explain (POE), keterampilan proses sains, dan hasil belajar
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Aug 2016 13:36
Last Modified: 25 Aug 2016 13:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum