ETIKA MEMPERLAKUKAN AL-QUR’AN DALAM KITAB TARJUMAN KARYA KH. ABD. HAMID BIN ISBAT DAN KH. ABD. MAJID BIN ABD. HAMID

ABDULLAH, NIM. 11530088 (2016) ETIKA MEMPERLAKUKAN AL-QUR’AN DALAM KITAB TARJUMAN KARYA KH. ABD. HAMID BIN ISBAT DAN KH. ABD. MAJID BIN ABD. HAMID. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ETIKA MEMPERLAKUKAN AL-QUR’AN DALAM KITAB TARJUMAN KARYA KH. ABD. HAMID BIN ISBAT DAN KH. ABD. MAJID BIN ABD. HAMID)
11530088_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (6MB) | Preview
[img] Text (ETIKA MEMPERLAKUKAN AL-QUR’AN DALAM KITAB TARJUMAN KARYA KH. ABD. HAMID BIN ISBAT DAN KH. ABD. MAJID BIN ABD. HAMID)
11530088_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Berinteraksi dengan Al-Qur’an merupakan salah satu pengalaman yang berharga bagi seorang muslim. Pengalaman berinteraksi dengan Al-Qur’an dapat terungkap melalui lisan, tulisan, maupun perbuatan. Lebih-lebih Al-Qur’an memuat pedoaman hidup orang muslim yang lahir dari firman Allah Swt. Sebagai kitab suci yang memuat firman-Nya, tentu umat Islam sangat menghormati dan menjunjung tinggi terhadap Al-Qur’an. Dari uraian tersebut, penulis merumuskan beberapa permasalahan yang menjadi inti dari skripsi ini yaitu, bagaimana etika memperlakukan Al-Qur’an dalam kitab Tarjuman karya KH. Abd. Hamid bin Isbat dan KH. Abd. Majid? Bagaimana analisis etika memperlakukan Al-Qur’an dalam kitab Tarjuman karya KH. Abd. Hamid bin Isbat dan KH. Abd. Majid, terhadap perbedaan posisi Al-Qur’an ketika sedang dibaca? Jenis penelitian ini merupakan penelitian studi kepustakaan (library research), penulis berupaya mengumpulkan data yang menyangkut tentang etika memperlakukan Al-Qur’an yang menyangkut tentang pentinganya menghormati ataupun mengagungkan terhadap Al-Qur’an. Selain itu penulis mengumpulkan terhadap karya-karya yang telah membahas tema tersebut, baik karya ulama terdahulu maupun kontemporer. Disamping itu penulis mencoba menganalisis sisipan teks (interteks) terdahulu yang terkandung di dalam kitab Tarjuman tersebut. Kemudian pembahasan itu dianalisis untuk menyikapi perbedaan posisi Al-Qur’an ketika dibaca yang beredar di masyarakat. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap tema etika memperlakukan Al-Qur’an dalam kitab Tarjuman karya KH. Abd. Hamid bin Isbat dan KH. Abd. Majid. adalah pertama, pentingnya menghormati Al-Qur’an sebagai kitab Allah Swt. Baik segi teks dan mushafnya Kedua, pentingnya menghormati ulama, hafidz Qur’an, dan Guru. Ketiga, mengikhlaskan hati ketika membaca Al-Qur’an dan menghayati bacaan. Karen kitab Al-Qur’an merupakan firman Allah Swt. Yang berisi petunjuk bagi umat islam, penghormatan terhadap Al-Qur’an meliputi ulama dan para penghafal Al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Alfatih Suryadilaga, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: etika, memperlakukan, Al-Qur’an, kitab Tarjuman
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Aug 2016 08:38
Last Modified: 26 Aug 2016 08:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21805

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum