PRAKTEK TIBBUN NABAWI DI RUMAH TERAPI SEHATI BALECATUR, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA (STUDI LIVING HADITS)

RIKA RAHIM, NIM. 12530007 (2016) PRAKTEK TIBBUN NABAWI DI RUMAH TERAPI SEHATI BALECATUR, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA (STUDI LIVING HADITS). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PRAKTEK TIBBUN NABAWI DI RUMAH TERAPI SEHATI BALECATUR, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA (STUDI LIVING HADITS))
12530007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img]
Preview
Text (PRAKTEK TIBBUN NABAWI DI RUMAH TERAPI SEHATI BALECATUR, GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA (STUDI LIVING HADITS))
12530007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas mengenai Praktek pengobatan tibbun Nabawi di rumah Terapi Sehati yang ada di daerah Balecatur, Gamping, Sleman, Yogyakarta, metode pengobatan tibbun nabawi ini dilakukan secara langsung oleh bapak Ibnu Alwan untuk penyembuhan penyakit baik fisik ataupun non fisik. Pengetahuan yang dilahirkan dari praktek komunal yang menunjukan resepsi sosial masyarakat tertentu terhadap pemaknaan hadits. Fokus pembahasan skripsi ini dari penelitian skripsi ini adalah terkait dengan bagaimana praktek tibbun nabawi yang dilakukan di rumah Terapi Sehati dan bagaimana pemaknaan terapis dan pasien terhadap pengobatan tibbun nabawi. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif . adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui opservasi partisipan dan non-partisipan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan mengenai analisis data yang digunakan dalam skripsi mencakup tiga proses, yaitu reduksi data, displai data, dan verifikasi data, selain untuk memudahkan penulis dalam memaparkan isi pembahasan, selain itu agar dapat mengetahui alasan dari berobat dengan menggunakan metode tibbun nabawi. Adapun hasil penelitian dalam penulisan ini yaitu pertama, praktek pengobatan tibbun nabawi di rumah Terapi Sehati melayani terapi pengobatan dan diagnosa ada tiga jenis terapi yang dilakukan seperti, terapi obat herbal, bekam, ruqyah. Tetapi terapi ruqyah adalah terapi primer yang sering dilakukan di rumah Terapi Sehati yang tangani secara langsung oleh bapak Ibnu Alwan dengan menggunakan teknik diagnosa ketika akan memulai terapi. Ada empat macam sebab gangguan terapi non fisik seperti, gangguan jin, sihir, penyakit ‘ain, dan penyakit psikis. Kedua, dalam praktek yang dilakukan oleh bapak Ibnu Alwan bersumber dari hadits, ketika melakukan terapi ruqyah beliau membacaakan ayatayat ruqyah yang telah ditentukan sesuai dengan jenis penyakit yang diderita oleh pasien. Makna penggunaan hadits dalam praktek tibbun nabawi jika dikaitkan dengan menggunakan teori sosiologi pengetahuan dari Karl Mannheim mengklasifikasikan mengenai makna prilaku menjadi tiga macam makna yaitu: pertama, makna obyektif yaitu pengobatan tibbun nabawi merupakan praktek pengobatan yang berdasarkan pada hadits Nabi Muhammad SAW yang berfungsi sebagai penyembuh dari penyakit fisik dan non fisik. kedua, makna ekspresif yang menunjukan pada kesembuhan dari penyakit yang dirasakan, dan rasa ketenangan jiwa ketika selesai pengobatan. Makna Dokumenter sebagai suatu kebudayaan yang menyeluruh. Adapun mengenai asal-usul pengetahuan terhadap pengobatan tibbun nabawi yang dilakukan oleh bapak Ibnu Alwan yaitu latar belakang beliau yang mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Ruqyah Learning Center (LRC) yang dipimpin Ustadz Muhammad Nadzif Khalyani dari Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurun Najwah, M.Ag
Subjects: Ilmu Alqur’an dan Tafsir
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 26 Aug 2016 09:15
Last Modified: 26 Aug 2016 10:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21810

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum