PERILAKU PEMAKAI TUNA NETRA DALAM MENGAKSES INFORMASI MENGGUNAKAN SCREEN READER JAWS (Job Access With Speech) DI RUMAH BACA DRIA MANUNGGAL YOGYAKARTA

DINI DWI LESTARI - NIM. 04141894, (2009) PERILAKU PEMAKAI TUNA NETRA DALAM MENGAKSES INFORMASI MENGGUNAKAN SCREEN READER JAWS (Job Access With Speech) DI RUMAH BACA DRIA MANUNGGAL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pemakai tuna netra dalam mengakses informasi menggunakan screen reader JAWS di Rumah Baca Dria Manunggal Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dalam bidang ilmu perpustakaan dan informasi, pendidikan pemakai serta dapat meningkatkan peran perpustakaan sebagai penghubung antara sumber-sumber informasi dan masyarakat sebagai kelompok pemakai, terutama perpustakaan yang memiliki pemakai disable. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif, dengan obyek penelitian perilaku pemakai tuna netra mengakses informasi menggunakan screen reader JAWS. Untuk memperoleh data, penulis menggunakan tehnik pengumpulan data angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah frekuensi pemakai dalam mengakses informasi menggunakan screen reader JAWS masih rendah. Hal ini ditunjukkan dengan 72,7 % responden menjawab dalam satu minggu mereka mengakses informasi menggunakan screen reader JAWS kurang dari satu kali. Sebanyak 63,6 % responden menggunakan waktu 1-2 jam untuk mengakses informasi. Mereka lebih memilih informasi dari internet sebanyak 63,6 %. Informsi lain diakses dari DTB sebanyak 27,3 % dan meldic sebanyak 9,1 %. Responden sebanyak 63,6 % mengakses jenis informasi aktual berupa berita, infotainment, musik dan fiksi untuk mendapatkan hiburan (rekreasi). Dan 36,4 % responden mengakses informasi jenis informasi pendidikan untuk menyelesaikan tugas pendidikannya. Saat melakukan akses informasi, pemakai mengalami hambatan dikarenakan komputer yang kurang dapat memfasilitasi pemakai dalam mengakses informasi. Baik karena sistem komputer yang kurang mendukung maupun software JAWS 6 yang belum bisa membaca semua tampilan yang ada di layar komputer. Hambatan lain dikarenakan pemakai kurang terampil mengoprasikan komputer. Saat mengalami hambatan, pemakai banyak meminta bantuan petugas perpustakaan untuk menyelesaikannya. Saran bagi Rumah Baca Dria Manunggal, komputer sebagai sarana akses informasi diperbaiki dan ditingkatkan daya operasionalnya, mengadakan pendidikan pemakai dan menambah koleksi dari berbagai jenis informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PEMBIMBING: TAFRIKHUDDIN, S.AG., M.PD
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pemakai, Akses Informasi
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2186

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum