DAMPAK PERKAWINAN DI BAWAH UMUR TERHADAP HUBUNGAN DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI DESA PURWODADI KECAMATAN TEPUS KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2010-2013)

MOH HABIB AL KUTHBI SSY, NIM. 1420310095 (2016) DAMPAK PERKAWINAN DI BAWAH UMUR TERHADAP HUBUNGAN DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI DESA PURWODADI KECAMATAN TEPUS KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2010-2013). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PERKAWINAN DI BAWAH UMUR TERHADAP HUBUNGAN DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI DESA PURWODADI KECAMATAN TEPUS KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2010-2013))
1420310095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PERKAWINAN DI BAWAH UMUR TERHADAP HUBUNGAN DALAM RUMAH TANGGA (STUDI KASUS DI DESA PURWODADI KECAMATAN TEPUS KABUPATEN GUNUNGKIDUL TAHUN 2010-2013))
1420310095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Dampak Perkawinan di Bawah Umur Terhadap Hubungan Dalam Rumah Tangga (Studi Kasus Di Desa Purwodadi Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul 2010-2013). Perkawinan di bawah umur untuk wilayah Gunungkidul, khususnya Desa Purwodadi masih terjadi. Dengan demikian, dalam penelitian ini penulis melihat dari segi faktor–faktor yang melatarbelakangi Perkawinan di bawah umur di Desa Porwodadi Kecamatan Tepus kabupaten Gunung Kidul, serta bagaimana dampak perkawinan di bawah umur di Desa tersebut terhadap hubungan dalam rumah tangga. Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penulis datang ke lapangan untuk melakukan pengamatan terhadap perkawinan di bawah umur pada masyarakat Desa Purwodadi yang difokuskan pada kajian faktor-faktor dan alasan yang melatarbelakangi praktek perkawinan di bawah umur di Desa Porwodadi. Pengumpulan data di lapangan dilakukan dengan menggunakan metode observasi terhadap praktik perkawinan di bawah umur dan wawancara kepada pelaku dan orang tua pelaku perkawinan di bawah umur, tokoh masyarakat dan aparat desa. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi yaitu penulis mengamati bagaimana perkawinan di bawah umur di Desa Purwodadi Kabupaten Gunung Kidul kemudian dikaitkan dengan dampak hal tersebut secara psikologis. Berdasarkan hasil analisis, maka dapat diketahui bahwa faktor yang melatarbelakangi terhadap maraknya perkawinan di bawah umur yang terjadi di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul diantaranya adalah faktor ekonomi, faktor pendidikan yang rendah, faktor gadget atau tekhnologi, faktor pariwisata, serta faktor masih memegang kepercayaan terdahulu. Adapun dampak perkawinan dibawah umur terhadap keharmonisan kehidupan rumah tangga yang terjadi adalah kenyataannya mereka masih bisa mempertahankan kelanggengan rumah tangga mereka dengan menjaga pola komunikasi yang baik diantara pasangan suami istri, serta keluarga besar kedua pasangan tersebut. Sehingga, bisa dikatakan bahwa, tidak semua perkawinan dibawah umur yang terjadi dapat berakhir dengan ketidakharmonisan atau perceraian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Euis Nurlaelawati MA., Ph.D,
Subjects: Hukum Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 06 Sep 2016 14:20
Last Modified: 06 Sep 2016 14:20
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/21882

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum