PERAN SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI BANTUL TERHADAP PENANGANAN PENYIMPANGAN PERILAKU SOSIAL SISWA

ANANTHA WIKRAMA PURWADI WANGSYA, NIM. 10250026 (2016) PERAN SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI BANTUL TERHADAP PENANGANAN PENYIMPANGAN PERILAKU SOSIAL SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI BANTUL TERHADAP PENANGANAN PENYIMPANGAN PERILAKU SOSIAL SISWA)
10250026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PERAN SMK MUHAMMADIYAH 1 IMOGIRI BANTUL TERHADAP PENANGANAN PENYIMPANGAN PERILAKU SOSIAL SISWA)
10250026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti menfokuskan tentang Peran SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Bantul Terhadap Penanganan Penyimpangan Perilaku Sosial Siswa. Hal ini dilakukan mengingat bahwa Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang dikatagorikan sebagai salah satu kota besar di Indonesia dan merupakan kota pelajar karena banyak sekali sekolah-sekolah dari berbagai tingkatan, mulai dari tingkat bawah sampai tingkat perguruan tinggi masih terdapat banyak terjadi penyimpangan perilaku khususnya di Kabupaten bantul, meskipun fenomena ini bukan merupakan kejadian baru. Namun masih menjadi permasalahan yang belum terpecahkan sampai sekarang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran sekolah didalam melakukan pencegahan terhadap timbulnya penyimpangan perilaku siswa dan hambatan-hambatan apa saja yang mempengaruhi peran sekolah didalam pencegahan terciptanya penyimpangan perilaku sosial di SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif, dengan subjek penelitiannya adalah kepala sekolah, guru pengajar, guru bimbingan konseling, siswa, orang tua siswa dan objek penelitian adalah Peran SMK Muhammadiyah 1 Imogiri Bantul Terhadap Penanganan Penyimpangan Perilaku Sosial Siswa. Teknik pengumpulan data ini mengunakan teknik triangulasi dimana data akan banyak digali berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa untuk mengatasi permasalahan penyimpangan perilaku sosial siswa meliputi 3 tahapan, dimana dalam setiap tahapan terdiri dari beberapa kegiatan. Pertama, Tahapan Pencegahan diantaranya yaitu memberikan penyuluhan bimbingan konseling, mengadakan program keagamaan dan mengadakan penyuluhan dari kepolisian. Kedua, Tahapan Penyembuhan diantaranya Konseling individu, Konseling kelompok, dan Home visit/Kunjungan Rumah. Ketiga, Tahapan Pengembangan diantaranya Kegiatan ekstrakulikuler, Kegiatan praktek jurusan dan Praktek kerja lapangan. Dari hasil pembahasan tersebut ditemukan hambatan terkait dari Sumber Daya Manusia dalam (Internal) dan hambatan yang dari luar (Eksternal) yang berasal dari keluarga dan lingkungannya. Dari keseluruhan pembahasan, peneliti menggunakan teori dan praktek konseling dari sofyan willis, karena teori ini kaitannya dengan semua upaya penanganannya adalah kegiatan yang dilakukan secara sistematis, berencana, dan terarah, untuk menjaga agar penyimpangan itu tidak timbul.Dan menggunakan metode pendekatan langsung dan pendekatan tidak langsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Aryan Torrido NIP: 19750510 200901 1 016
Uncontrolled Keywords: Penyimpangan perilaku, Peran sekolah dan Penanganan penyimpangan perilaku sosial siswa
Subjects: Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 23 Sep 2016 09:31
Last Modified: 23 Sep 2016 09:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22053

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum