PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II (Studi Eksperimen Penerapan Cooperative Learning)

Zumrotun Nisya, NIM: 03420304 (2009) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II (Studi Eksperimen Penerapan Cooperative Learning). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II (Studi Eksperimen Penerapan Cooperative Learning))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NEGERI YOGYAKARTA II (Studi Eksperimen Penerapan Cooperative Learning))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar yang diperoleh oleh kelompok kontrol (kelompok belajar bahasa Arab yang tidak menggunakan cooperative learning), mengetahui hasil belajar yang diperoleh kelompok eksperimen (kelompok belajar bahasa Arab yang menggunakan cooperative learning), dan mengetahui perbedaan yang signifikan antara hasil belajar bahasa Arab siswa kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MAN Yogyakarta II tahun pelajaran 2007/2008 sebanyak 190 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan rancangan probability sampling berupa cluster sampling. Dari enam kelas diambil 2 kelas dengan cara pengundian dan didapatkan kelas XI IPA 1 sebagai kelas kontrol (32 siswa) dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen (32 siswa). Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pada uji instrumen menggunakan uji validitas dengan rumus point biserial dan uji reliabilitas dengan rumus korelasi K-R 20 . Hasil uji validitas menunjukkan 20 butir soal tes tulis keseluruhannya terbukti valid sedangkan hasil uji reliabilitas menunjukkan koefisien reliabilitas sebesar 0,8601 dan dinyatakan reliabel. Persyaratan uji analisis data menggunakan uji normalitas dengan rumus chi kuadrat dan uji homogenitas dengan rumus analisis varians. Dengan melihat perbedaan skor yang diperoleh masing-masing kelompok kontrol dan eksperimen tersebut menunjukkan bahwa strategi cooperative learning dapat diterapkan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab dan dapat dijadikan sebagai solusi alternatif untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Arab. /div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Abdul Munip, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, BAhasa Arab, MAN Yogyakarta II, Studi Eksperimen, Cooperative Learning
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 31 Jul 2015 08:45
Last Modified: 31 Jul 2015 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2221

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum