IMPLEMENTASI KONSEP FASILITATOR DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SD SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA

AHMAD AGUS PRASOJO, NIM.11480051 (2016) IMPLEMENTASI KONSEP FASILITATOR DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SD SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KONSEP FASILITATOR DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SD SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
11480051_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KONSEP FASILITATOR DI SEKOLAH DASAR SANGGAR ANAK ALAM (SD SALAM) NITIPRAYAN KASIHAN BANTUL YOGYAKARTA)
11480051_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

AHMAD AGUS PRASOJO, Implementasi Konsep Fasilitator di Sekolah Dasar Sanggar Anak Alam (SD SALAM) Nitiprayan Kasihan Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga, 2016. Guru seharusnya menjadi sosok yang digugu dan ditiru. Banyaknya kasus kekerasan, pencabulan mengenai guru kepada anak menodai nama guru. Guru tidak hanya melakukan transfer of knowledge dan transfer of values, menyampaikan pengatahuan dan nilai-nilai’ kepada anak. Di Indonesia, guru telah dikonsep sebagai pendidik profesional yang di sebut dalam undang-undang nomor 14 tahun 2005. Di SD SALAM guru dapat siapa saja, dan yang menemani anak didik adalah fasilitator. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi konsep fasilitator di SD SALAM. Penelitian ini mengkaji permasalahan sebagai berikut: (1) mengapa istilah fasilitator digunakan (2) bagaimana implementasi konsep fasilitator (3) apa faktor pendukung dan penghambat implementasi konsep fasilitator di SD SALAM. Jenis penelitian kualitatif dengan metode studi kasus dan termasuk penelitian lapangan. Subjek penelitian adalah pendiri, ketua PKBM, fasilitator dan siswa. Objeknya adalah konsep fasilitator di SD SALAM. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkn teknik penilaian keabsahan data menggunakan triangulasi Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Fasilitator adalah orang dewasa yang memfasilitasi, menstimulus, mendampingi, menemani, menjaga nilai, menjadi moderator dan dokumentator proses pembelajaran teman kecil; (2) Fasilitator di SD SALAM berlandaskan pada landasan pedagogis sistem among KI Hajar Dewantoro dan pendidikan humanis Romo Mangunwijaya. Konsep fasilitator di SD SALAM diimplementasikan dalam lima hal yaitu: Sistem perekrutan, perencanan, proses, program, dan koordinasi, pelatihan, dan evaluasi; (3) Faktor pendukungnya adalah kemauan belajar fasilitator: cv SD SALAM berbasis komunitas pendidikan, suasana alam yang santai dan adanya keterbukaan antara fasilitator. Faktor penghambatnya: Cara berpikir fasilitator masih mengajar bukan sebagai fasilitator, fasilitator membatasi diri, dan kurangnya koordinasi antara fasilitator dan relawan pengajar atau tamu dari luar SD SALAM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Andi Prastowo, M.Pd.I,
Uncontrolled Keywords: Implementasi Konsep Fasilitator, Sekolah Dasar, Sekolah Alternatif, Sekolah Alam.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 30 Nov 2016 14:31
Last Modified: 30 Nov 2016 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22770

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum