KERAGAMAN MAKROZOOBENTOS (EPHEMEROPTERA, PLECOPTERA, DAN TRICOPTHERA) SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN SUNGAI GAJAH WONG DAN SUNGAI CODE

ANA YASAROH, NIM.11640035 (2016) KERAGAMAN MAKROZOOBENTOS (EPHEMEROPTERA, PLECOPTERA, DAN TRICOPTHERA) SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN SUNGAI GAJAH WONG DAN SUNGAI CODE. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KERAGAMAN MAKROZOOBENTOS (EPHEMEROPTERA, PLECOPTERA, DAN TRICOPTHERA) SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN SUNGAI GAJAH WONG DAN SUNGAI CODE)
11640035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KERAGAMAN MAKROZOOBENTOS (EPHEMEROPTERA, PLECOPTERA, DAN TRICOPTHERA) SEBAGAI BIOINDIKATOR KUALITAS PERAIRAN SUNGAI GAJAH WONG DAN SUNGAI CODE)
11640035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sungai Gajah Wong dan Sungai Code merupakan sungai yang banyak dimanfaatkan penduduk sekitar untuk kebutuhan sehari-hari. Penduduk sekitar sungai banyak membuang limbah rumah tangga dan industri ke badan sungai, sehingga perlu ditinjau kualitas air pada Sungai Gajah Wong dan Sungai Code. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air di Sungai Gajah Wong dan Sungai Code. Pengukuran kualitas air dengan menggunakan Modified Family Biotic Index (mFBI) berdasarkan jumlah Ephemeroptera, Plecoptera, dan Tricopthera. Tekhnik yang digunakan untuk sampling Ephemeroptera, Plecoptera, Trichoptera adalah kicking dan jabbing. Berdasarkan penelitian ditemukan 13 famili dari ordo EPT di Sungai Gajah Wong dan Sungai Code yaitu Lepthoplebiidae, Caenidae, Baetidae, Trichorytidae, Ephemerillidae, Metretopodidae, Heptageniidae, Isonychidae, Siphlonuridae, Perlidae, Polycentropodidae, Hydropsychidae, Brachycentridae. Famili yang mendominasi yaitu Baetidae dan Caenidae, sedangkan paling sedikit yaitu famili Ephemerillidae. Berdasarkan analisis hubungan antara famili dan parameter lingkungan menggunakan CCA digolongkan menjadi tiga kelompok besar. kelompok 1 dipengaruhi oleh DO, pH, dan intensitas cahaya, sedangkan kelompok 2 tidak dipengaruhi oleh parameter lingkungan tersebut dan kelompok 3 dipengaruhi oleh arus, suhu, dan kekeruhan. Sedangkan di Sungai Code dalam kelompok 1 dipengaruhi oleh intensitas cahaya dan kekeruhan, kelompok 2 dipengaruhi oleh DO, sedangkan kelompok 3 dipengaruhi oleh pH dan suhu. Analisis dengan mFBI diperoleh Sungai Gajah Wong tergolong “ kemungkinan agak tercemar- tercemar berat”, dan Sungai Code tergolong “kemungkinan tercemar ringan - kemungkinan agak tercemar ringan”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Eka Sulistyowati, S.Si., M.A., M.IWM
Uncontrolled Keywords: Code, EPT, Gajah Wong, Kualitas Air, Makrozoobentos.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 14 Dec 2016 10:38
Last Modified: 14 Dec 2016 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/22868

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum