EFEKTIVITAS PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA DENGAN METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA

ADDINA AZCA CAHYASARI, NIM. 12600008 (2016) EFEKTIVITAS PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA DENGAN METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENDIDIKAN MORAL MATEMATIKA DENGAN METODE THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN PENGEMBANGAN KARAKTER SISWA)
12600008_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text
12600008_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran matematika dengan menggunakan Pendidikan Moral Matematika dengan metode Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa dibandingkan dengan model konvensional. Selain itu, penelitian ini juga untuk mengetahui keefektifan pembelajaran menggunakan Pendidikan Moral Matematika dengan metode TAPPS terhadap pengembangan karakter siswa dibandingkan dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. Jenis penelitian ini adalah quasi experimen dengan desain penelitian menggunakan non equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sewon, Bantul pada tahun ajaran 2015/2016. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII B, sebagai kelas kontrol, dan VIII E, sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest untuk kemampuan penalaran matematis siswa dan menggunakan preangket, post-angket, dan angket teman sebaya untuk pengembangan karakter siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t dua sampel independen, apabila uji prasyarat terpenuhi, dan uji Mann Whitney, apabila uji prasyarat tidak terpenuhi. Nilai sig. (1-tailed) pada uji t dua sampel independen untuk uji hipotesis kemampuan penalaran matematis adalah 0.1355≥ 0.05, sehingga didapat bahwa skor n-gain tes kemampuan penalaran matematis kelas eksperimen tidak lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan skor n-gain tes kemampuan penalaran matematis kelas kontrol. Kesimpulan yang dapat diambil dari uji tersebut adalah pembelajaran menggunakan Pendidikan Moral Matematika dengan metode TAPPS tidak lebih efektif dibanding dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. Hal ini diduga disebabkan karena siswa kurang teliti dalam menyelesaikan soal dan siswa belum terbiasa menemukan konsep secara mandiri. Nilai Assymp. sig. (1-tailed) pada uji Mann Whitney untuk uji hipotesis pengembangan karakter adalah 0.000≤ 0.05, sehingga didapat bahwa skor n-gain angket pengembangan karakter kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan skor n-gain angket pengembangan karakter kelas kontrol. Kesimpulan dari uji tersebut adalah pembelajaran menggunakan Pendidikan Moral Matematika dengan menggunakan metode TAPPS lebih efektif dibanding dengan pembelajaran menggunakan model konvensional. Pada penelitian ini, karakter yang berkembang lebih baik pada kelas eksperimen dibanding kelas kontrol adalah jujur, percaya diri, dan toleransi. Karakter yang berkembang lebih baik dibanding pada kelas kontrol dibanding dengan kelas eksperimen adalah pantang menyerah dan tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Khurul Wardati, M.Si
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Moral Matematika dengan Metode TAPPS, Kemampuan Penalaran Matematis, Pengembangan Karakter
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 23 Dec 2016 08:42
Last Modified: 23 Dec 2016 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/23240

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum