METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKIT AL-HIDAYAH CENTONG PURWOREJO SANANKULON BLITAR

DEVY LUTFIANA NIM. 04410679, (2009) METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKIT AL-HIDAYAH CENTONG PURWOREJO SANANKULON BLITAR. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKIT AL-HIDAYAH CENTONG PURWOREJO SANANKULON BLITAR)
BAB I,V.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (METODE BERMAIN PERAN DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI TKIT AL-HIDAYAH CENTONG PURWOREJO SANANKULON BLITAR)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (134kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di TKIT Al-Hidayah Centong Purworejo Sanankulon Blitar agar peserta didik dapat mempelajari pendidikan agama Islam sejak dini dengan menggunakan metode yang menyenangkan dan melibatkan langsung peserta didik sebagai pemeran dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode bermain peran. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisis yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan fenomena atau data yang didapatkan. Untuk pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di TKIT Al-Hidayah Centong Purworejo Sanankulon Blitar didasarkan pada perkembangan kognitif, perkembangan emosi, perkembangan sosial, perkembangan moral dan perkembangan agama siswa Pelaksanaannya melalui beberapa tahap yaitu: Pertama, tahap persiapan. Kedua, tahap penentuan pemeran. Ketiga, tahap pementasan. Bentuk-bentuk metode bermain peran yang dilaksanakan di TKIT Al-Hidayah adalah bermain peran terpimpin dan bermain peran spontan. Aspek-aspek yang dievaluasi adalah kekompakan, kerja sama, ekspresi, kedisiplinan atau ketertiban, dan penguasaan materi. Teknik evaluasi yang digunakan adalah observasi dan daftar cek (check list). Hasil yng diperoleh dari hasil belajar siswa TKIT Al-Hidayah materi shalat yang diajarkan dengan menggunakan metode bermin peran nilai rata-rata siswa 75,6. (2) Problem penerapan metode bermain peran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TKIT Al-Hidayah Centong Purworejo Sanankulon Blitar adalah keadaan murid yang berbeda-beda meliputi: cara belajar dan motivasi belajar siswa yang berbeda-beda Minimnya fasilitas meliputi: minimnya alat peraga, minimnya biaya dan minimnya waktu untuk pelaksaan metode bermain peran keadaan emosi anak meliputi: takut dan malu. (3) Upaya guru dalam mengatasi problem cara dan minat belajar anak yang berbeda-beda dengan cara menggunakan metode yang bervariasi dan metode disusun agar menarik. Upaya guru dalam mengatasi problem minimnya alat peraga dengan cara kreatif mempergunakan alat yang telah tersedia di TKIT. Upaya guru dalam mengatasi problem minimnya biaya dengan cara mengajukan proposal ke DPR dan ketua Muslimat Dusun Centong Upaya guru dalam mengatasi minimnya waktu yang tersedia di TKIT Al-Hidayah dengan cara mempergunakan waktu istirahat. Upaya yang dilakukan guru untuk mengatasi siswa yang penakut dan pemalu atau minder dengan cara tidak mengucilkan siswa yang penakut dan pemalu, membangkitkan rasa percaya diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Suwadi, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Metode Bermain, Pembelajaran, Pendidikan, Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Aug 2012 18:19
Last Modified: 06 Aug 2012 18:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2331

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum