IMPLEMENTASI METODE BELAJAR AKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH GENDENG YOGYAKARTA

Misbahul Munir NIM. 01410672, (2009) IMPLEMENTASI METODE BELAJAR AKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH GENDENG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE BELAJAR AKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH GENDENG YOGYAKARTA)
BAB I, IV.pdf - Published Version

Download (889kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE BELAJAR AKTIF DALAM PEMBELAJARAN PAI PADA SISWA KELAS IV DI SD MUHAMMADIYAH GENDENG YOGYAKARTA)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (132kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) Bentuk Penerapan Metode- Metode Belajar Aktif Dalam Pembelajaran PAI Di SD Muhammadiyah Gendeng; 2) Mengetahui Faktor Pendukung Dan Penghambat Penerapan Metode-Metode Belajar Aktif Dalam Pembelajaran PAI Di SD Muhammadiyah Gendeng. Hasil skripsi ini diharapkan dapat digunakan sebagai media informasi untuk meningkatkan inovasi pembelajaran oleh pihak institusi pendidikan. Khususnya, bagi mereka yang berprofesi sebagai guru dan mereka yang berkepentingan terhadap Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan metode survai. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa di kelas IV SD Muhammadiyah Gendeng Yogyakarta, yang berjumlah 31 siswa terdiri dari 14 siswa dan 16 siswi, serta guru agama Islam yang mengajar di kelas IV. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan deep interview (wawancara mendalam). Hasil analis data menyimpulkan bahwa: 1) Guru-guru PAI SD Muhammadiyah Gendeng Yogyakarta telah melaksanakan metode belajar aktif. Terlebih mereka yang mengajar di kelas IV; 2) Setidaknya ada tiga faktor pendukung terlaksananya implementasi metode belajar aktif pada pembelajaran PAI di kelas IV SD Muhammadiyah Gendeng, meliputi; dukungan dewan guru, respon positif siswa-siswi dan partisipasi aktif wali murid. Sedangkan ada tiga faktor pula yang menghambat terwujudnya metode belajar aktif di kelas IV, yaitu; minimnya inovasi guru PAI terhadap metode baru, minimnya alokasi waktu, dan beban mental UASBN yang menghinggapi stakeholder sekolah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag,
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode, Belajar Aktif, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 06 Aug 2012 17:20
Last Modified: 06 Aug 2012 17:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2399

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum