Pendidikan Nilai Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu

Suzzanna Setiawati, Setiawati and Zainal, Arifin (2015) Pendidikan Nilai Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu. AL ATHFAL (Jurnal Pendidikan Anak), Vol.1 (No. 2). pp. 109-123. ISSN 2477-4715

[img]
Preview
Text (Pendidikan Nilai Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu)
Suzzanna Setiawati - Pendidikan Nilai Pada Anak Usia Dini di Kelompok Bermain dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu.pdf - Published Version

Download (438kB) | Preview

Abstract

This study is based on the phenomenon of globalization, one of which had a negative impact on the values of life. Another impact of globalization is the emancipation of women who want a career. Busyness of parents who spend a lot of time resulting in early childhood education is not running with the maximum. This study is a qualitative research took place in KB and TK IT Karima Aqila Sinduadi, Sleman, Yogyakarta. data collection by observation, in-depth interviews and documentation. The results showed: (1) the value of education held in KB and TK IT Karima Aqila are: (a) the value of religious education, (b) Education of moral values, (c) social values education. (2) The methods used include: exemplary, habituation, advice, telling stories, singing, practices, supervision, communicate to parents, a tangle of love, punishment, providing initial information to children, play. [INDONESIA] Penelitian ini berdasarkan fenomena globalisasi yang salah satunya memberikan dampak negatif kepada nilai-nilai kehidupan. Dampak lain dari arus globalisasi adalah emansipasi wanita yang ingin berkarir. Kesibukan kedua orangtua yang menyita waktu mengakibatkan tidak maksimalnya pendidikan pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di KB dan TK IT Karima Aqila Sinduadi, Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara mendalam(indepth interview) dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) pendidikan nilai yang dilaksanakan di KB dan TK IT Karima Aqila adalah: (a) pendidikan nilai agama, (b)Pendidikan nilai moral, (c) Pendidikan nilai sosial. (2) Metode yang digunakan antaralain: keteladanan, pembiasaan, nasehat, bercerita, bernyanyi, praktek, pengawasa, menyampaikan kepada orangtua, jalinan kasih, hukuman, pemberian informasi awal kepada anak, bermain. Kata Kunci : Pendidikan Nilai; Anak Usia Dini

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Nilai; Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Guru Raudhatul Athfal
Divisions: Jurnal > 33. Al Athfal
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 27 Feb 2017 09:20
Last Modified: 16 Mar 2022 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24109

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum