PENERAPAN NOVEL BIOLOGI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA N 1 DEPOK

IMAM HAMBALI RM, NIM. 10680061 (2016) PENERAPAN NOVEL BIOLOGI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA N 1 DEPOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN NOVEL BIOLOGI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA N 1 DEPOK)
10680061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN NOVEL BIOLOGI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA DI SMA N 1 DEPOK)
10680061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mengetahui keterlaksanaan penerapan Novel Biologi materi sistem imun di kelas XI IPA 3 SMA N 1 Depok, (2) mengetahui banyaknya siklus yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 3 SMA N 1 Depok dengan sumber belajar Novel Biologi, (3) mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi sistem imun di kelas XI IPA 3 SMA N 1 Depok dengan menggunakan sumber belajar Novel Biologi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 3 kali siklus dengan jumlah siswa 32 anak. Siklus I tindakan yang dilakukan adalah menerapkan pembelajaran konvensional dengan menggunakan sumber belajar teks biologi dan LKS yang sudah dimiliki siswa. Siklus II dan III tindakan yang dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran disertai sumber belajar alternatif Novel Biologi materi sistem imun. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Sementara teknik analisa data menggunakan effect size dan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa (1) Pembelajaran dengan penerapan novel dapat dilaksanakan dengan baik (2) Siklus yang dibutuhkan untuk mencapai peningkatan motivasi dan hasil belajar biologi siswa adalah 3 siklus, (3) Peningkatan motivasi belajar pada siklus I,II dan III adalah berurutan 70,68%,75,11% dan 87,14%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa yang ditunjukkan dengan presentase ketuntasan pada siklus I,II dan III adalah berurtutan 58,62%, 82,76 %, 96,67%. Adapun effect size antara siklus I dan siklus II sebesar 1,5 sehingga masuk dalam kategori efek besar, sementara effect size untuk siklus II dan III yakni sebesar 0,8 sehingga masih masuk dalam kategori efek besar pula.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lela Susilawati, S.Pd., M.Si
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, hasil belajar, sumber belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Feb 2017 08:42
Last Modified: 27 Feb 2017 08:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24215

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum