PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP N I KALIBAWANG KULON PROGO

Yuli Rahmawati - NIM. 03410018, (2009) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP N I KALIBAWANG KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP N I KALIBAWANG KULON PROGO)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLEGENCES UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP N I KALIBAWANG KULON PROGO)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan pendekatan multi intelegensi (kecerdasan majemuk). 2) Untuk mengetahui efektifitas metode multi intelegensi (kecerdasan majemuk) dalam peningkatan prestasi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kelas jika dirtinjau dari segi cara atau metode, karena bermaksud memberikan tindakan yaitu berupa metode pembelajaran berbasis multi intelegensi pada pelaksanaan penelitian. subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII A di SMP N I Kalibawang Kulon Progo tahun pelajaran 2007/2008. Teknik pengumpulan data yang dipakai yaitu observasi, dokumentasi, angket, interviu dan tes. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan bahwa soal tes tersebut valid dan dapat diujicobakan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan perhitungan statistic uji quot;t quot; ( quot;t quot; Test) dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Pembelajaran Multiple Intelligences diterapkan pada mata pelajaran PAI melalui metode-metode pembelajaran yang variatif sesuai dengan jenis-jenis kecerdasan siswa. 2) Berdasarkan hasil uji hipotesis, pada hasil tes antara hasil tes siklus I dengan hasil tes siklus II dinyatakan t0 tt atau t0 - tt (2,955 -1,690) maka dinyatakan ada perbedaan yang signifikan pada antara tes siklus I dengan hasil tes siklus II. Antara hasil tes siklus II dengan hasil tes siklus III dinyatakan t0 tt atau t0 - tt (-2,245 -1,690) maka dinyatakan ada perbedaan yang signifikan pada antara tes siklus I dengan hasil tes siklus II. 3) berdasarkan uji hipotesis dan analisis hasil observasi terdapat perbedaan dan peningkatan yang signifikan pada hasil tindakan untuk setiap siklus. 4) Aktifitas dan kualitas siswa maupun guru dalam pembelajaran PAI semakin baik setelah dilakukan tindakan. 5) dengan menggunakan metode pembelajaran berbasis Multiple Intelligences pada pembelajaran PAI akan meningkatkan prestasi siswa. 6) Ada hubungan positif antara metode Multiple Intelligences dengan prestasi PAI siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Moch. Fuad
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Multiple Intellegences, Prestasi, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 21 Mar 2013 16:30
Last Modified: 21 Mar 2013 16:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2459

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum