MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KOLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SD BUDI MULIA DUA SETURAN YOGYAKARTA

WINDA PERMANA SARI, NIM. 1420411135 (2017) MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KOLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SD BUDI MULIA DUA SETURAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KOLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SD BUDI MULIA DUA SETURAN YOGYAKARTA)
1420411135_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (MANAJEMEN KEPEMIMPINAN KOLEKTIF DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN DI SD BUDI MULIA DUA SETURAN YOGYAKARTA)
1420411135_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Winda Permana Sari, Manajemen Kepemimpinan Kolektif dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SD Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta, Tesis Program Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga, 2016. Kepemimpinan memegang peranan penting dalam sebuah manajemen termasuk dalam manajemen pendidikan, oleh karenanya setiap sekolah membutuhkan kepemimpinan yang dapat mengelola sekolah dengan baik. Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Seturan memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh sekolah-sekolah dasar yang lain yang juga berada dibawah naungan yayasan. Salah satu keunikannya yang dimiliki sekolah ini memiliki dua pemimpin atau dua kepala sekolah. Memiliki dua orang kepala sekolah dalam satu sekolah ini yang belakangan dikenal sebagai kepemimpinan kolektif. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui alasan mengapa di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta menerapkan manajemen kepemimpinan kolektif. 2) Untuk mengetahui implementasi kepemimpinan kolektif di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta. 3) Untuk mengetahui faktor penghambat serta pendukung dalam implementasi manajemen kepemimpinan kolektif di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan ilmu manajemen dan kejadian nyata yang terjadi di lapangan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Subyek penelitian dalam tesis ini adalah direktur budi mulia, kepala sekolah 1 dan kepala sekolah 2, para guru dan staf. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan, yaitu reduksi data atau pengumpulan data, penyajian data dan verifikasi atau kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah 1) Ada tiga alasan mengapa SD Budi Mulia menerapkan kepemimpinan kolektif yaitu alasan yuridis, alasan akademik dan alasan operasional. 2) Implementasi atau pelaksanaan dari kepemimpinan Kolektif di Sekolah Dasar Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta adalah dengan mengangkat satu dua kepala sekolah dalam satu sekolah. Dalam kewenangan kedua kepala sekolah selain memiliki wewenang dalam proses pendidikan kedua kepala sekolah juga memiliki wewenang dalam manajerial sekolah. 3) Faktor pendukung dalam implementasi manajemen kepemimpinan kolektif di Sekolah Dasar Budi Mulia ada dua yaitu faktor internal yang terdiri dari ketentuan dari yayasa, kebutuhan dalam operasional dan adanya pembagian tugas. Adapun faktor pendukung dari eksternal adalah adanya dukungan dari wali murid. Adapun faktor penghambat dalam implementasi manajemen kepemimpinan kolektif di Sekolah Dasar Budi Mulia terdiri dari faktor internal yaitu adanya ego individu dan faktor penghambat dari eksternal adalah kepala sekolah yang dilaporkan ke dinas pendidikan setempat hannya satu kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr H. Karwadi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kolektif, Kualitas Pendidikan, SD Budi Mulia Dua Seturan Yogyakarta
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 08:37
Last Modified: 23 Mar 2017 08:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24660

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum