PENGEMBANGAN KUMPULAN SOAL PENGAYAAN KIMIA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATERI ASAM-BASA, HIDROLISIS, DAN LARUTAN PENYANGGA

AFIYATUL FUTHONA, NIM. 12670024 (2017) PENGEMBANGAN KUMPULAN SOAL PENGAYAAN KIMIA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATERI ASAM-BASA, HIDROLISIS, DAN LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KUMPULAN SOAL PENGAYAAN KIMIA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATERI ASAM-BASA, HIDROLISIS, DAN LARUTAN PENYANGGA)
12670024_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KUMPULAN SOAL PENGAYAAN KIMIA BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) MATERI ASAM-BASA, HIDROLISIS, DAN LARUTAN PENYANGGA)
12670024_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan produk akhir berupa kumpulan soal kimia berbasis Higher Order Thinking Skill (HOTS) yang dapat digunakan sebagai sumber belajar pada program pengayaan materi asam-basa, hidrolisis, dan larutan penyangga. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas kumpulan soal kimia berbasis HOTS untuk materi asam-basa, hidrolisis, dan larutan penyangga yang dikembangkan berdasarkan penilaian guru kimia dengan lembar penilaian berupa lembar skala Likert dengan skala 1-5. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang diawali dengan penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan bentuk awal produk, dan revisi produk. Kumpulan soal kimia yang dikembangkan ditinjau oleh dosen ahli materi, dosen ahli evaluasi, tiga orang peer review, dan dua orang guru kimia dari dua sekolah. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi untuk ahli materi dan ahli evaluasi, lembar penilaian kualitas untuk guru, dan instrumen soal untuk dikerjakan oleh subjek uji. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa telah dikembangkan suatu kumpulan soal kimia berbasis HOTS yang dapat digunakan sebagai sumber belajar pada program pengayaan materi asam-basa, hidrolisis, dan larutan penyangga dengan hasil penilaian oleh guru mendapat skor 73 dari skor maksimal 85 dan mendapat kategori Sangat Baik (SB). Berdasarkan hasil tersebut, produk kumpulan soal kimia yang dikembangkan dapat digunakan, baik sebagai sumber belajar alternatif untuk peserta didik maupun sebagai sumber pengayaan dalam pembuatan instrumen tes oleh guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal, M.Si.
Uncontrolled Keywords: pengembangan soal, higher order thinking skill, asam-basa, hidrolisis, larutan penyangga
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:08
Last Modified: 23 Mar 2017 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24681

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum