PENGEMBANGAN BUKU KARYA ILMIAH REMAJA KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY)

NILA ASMILA SARI, NIM. 12670032 (2017) PENGEMBANGAN BUKU KARYA ILMIAH REMAJA KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN BUKU KARYA ILMIAH REMAJA KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY))
12670032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN BUKU KARYA ILMIAH REMAJA KIMIA BERBASIS PENDEKATAN SETS (SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY))
12670032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Tujuan dari Penelitian ini yaitu mengkaji karakteristik produk buku karya ilmiah remaja kimia berbasis SETS (Science, Environment, Technology, and society) serta mengkaji kualitas produk yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, guru kimia, dan respon peserta didik yang mengikuti kegiatan KIR (Kelompok Ilmiah Remaja). Penelitian dilakukan dengan metode 4-D (four D) yang dibatasi sampai tahap development. Produk yang dikembangkan ditinjau oleh dosen pembimbing, kemudian diberikan koreksi dan masukan oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, dan peer review, untuk kemudian dinilaikan kepada dosen ahli dan guru kimia. Produk juga direspon oleh peserta didik yang mengikuti KIR. Penilaian produk meliputi 10 aspek penilaian dan angket respon untuk mengetahui keberfungsian produk sebagai media dan sumber belajar mandiri peserta didik. Hasil penilaian berupa data kualitatif kemudian dianalisis untuk menentukan kualitas produk. Karakteristik produk buku karya ilmiah remaja kimia yang dikembangkan memuat penjelasan dan contoh penelitian yang dikaitkan dengan pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society), menghubungkan konsep materi dengan kehidupan sehari-hari, dan penggunaan metode penyusunan karya tulis ilmiah remaja disesuaikan dengan sains, lingkungan, teknologi, dan masyarakat. Kualitas buku karya ilmiah remaja berbasis pendekatan SETS (Science, Environment, Technology, and Society) adalah Sangat Baik (SB) berdasarkan penilaian dosen ahli pada aspek materi dengan persentase keidealan 87,69%. Penilaian menurut dosen ahli pada aspek media memperoleh persentase keidealan 90% sehingga masuk dalam kategori Sangat Baik (SB), sedangkan penilaian reviewers (tiga orang guru kimia) memperoleh persentase keidealan 87,01% sehingga masuk dalam kategori Sangat Baik (SB). Respon dari peserta didik yang mengikuti ekstrakulikuler KIR menghasilkan skor 218 dari skor maksimal 225 dengan persentase keidealan 96,88% dikategorikan Sangat Baik (SB) yang dapat disimpulkan bahwa buku panduan peserta didik layak digunakan sebagai media dan sumber belajar mandiri peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Buku, KIR (Karya Ilmiah Remaja), Elektrolisis, SETS (Science, Environment, Technology, and society)
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 23 Mar 2017 10:44
Last Modified: 23 Mar 2017 10:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24690

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum