METODE PEMBELAJARAN TAḤFIẒ AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI KELAS III MI DARUL QUR’AN LEDOKSARI KEPEK WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016)

PETHIT ASRIYATI, NIM. 11480023 (2017) METODE PEMBELAJARAN TAḤFIẒ AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI KELAS III MI DARUL QUR’AN LEDOKSARI KEPEK WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (METODE PEMBELAJARAN TAḤFIẒ AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI KELAS III MI DARUL QUR’AN LEDOKSARI KEPEK WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
11480023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (42MB) | Preview
[img] Text (METODE PEMBELAJARAN TAḤFIẒ AL-QUR’AN (STUDI KASUS DI KELAS III MI DARUL QUR’AN LEDOKSARI KEPEK WONOSARI GUNUNGKIDUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016))
11480023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

PETHIT ASRIYATI, "Metode Pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur‟an (Studi Kasus di Kelas III MI Darul Qur‟an Ledoksari Kepek Wonosari Gunungkidul Yogyakarta Tahun Pelajaran 2015/2016)". Skripsi. Yogyakarta : jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2016. Latar belakang penelitian ini adalah pendidikan Islam secara operasional menjadi tugas dan kewajiban bagi umat Islam untuk selalu menjaga dan memelihara Al-Qur‟an, salah satunya dengan menghafalkannya. Diperlukan metode pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur‟an yang sistematis untuk menunjang keberhasilan siswa dalam menghafal Al-Qur‟an. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif-kualitatif, bertujuan untuk mendapatkan gambaran yang objektif, faktual, akurat, dan sistematis dengan rumusan masalah mengenai : (1) Metode pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur‟an apa saja yang dipakai di kelas III MI Darul Qur‟an Wonosari Gunungkidul? (2) Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pelaksanaan metode pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur‟an di kelas III MI Darul Qur‟an Wonosari Gunungkidul? (3) Bagaimana prestasi dalam pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur‟an yang dicapai siswa di kelas III MI Darul Qur‟an Wonosari Gunungkidul? Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul dianalisis melalui tiga cara, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran Taḥfiẓ Al-Qur‟an di kelas III MI Darul Qur‟an sudah cukup baik. Hal ini dapat diketahui dari prestasi yang dicapai siswa bernama Athiyya ketika maju lomba MHQ di tingkat nasional, 8 siswa mendapat piagam penghargaan pada wisuda taḥfiẓ 5 juz tingkat MI se- DIY pada bulan Desember tahun 2015 dan ada 4 siswa yang hafal 9 juz selama 3 tahun pelajaran sesuai dengan target madrasah. Metode pembelajaran Taḥfiẓ Al- Qur‟an yang dipakai yaitu : (1) Waḥdah (menghafal satu persatu terhadap ayatayat yang dihafal). (2) Jama‟ (ayat-ayat yang dihafal dibaca secara kolektif dipimpin oleh instruktur). (3) Bin-naẓar (membaca dengan cermat ayat-ayat yang akan dihafal dengan melihat mushaf). (4) Taḥfiẓ (menghafal sedikit demi sedikit ayat-ayat yang telah dibaca berulang-ulang secara Bin-naẓar). (5) Talaqqi (menyetorkan hafalan kepada seorang hafidz). (6) Takrir (mengulang hafalan atau menyima‟kan hafalan). (7) Tasmi’ (mendengarkan hafalan kepada orang lain, baik kepada perseorangan maupun jama‟ah). (8) Metode patneran untuk sima‟an. Faktor pendukung: memperbaiki bacaan sebelum menghafal, menentukan target hafalan, melazimi halaqah taḥfiẓ, mengetahui mekanisme pembelajaran taḥfiẓ, memanfaatkan berbagai kesempatan untuk menghafal, usia siswa yang ideal, manajemen waktu dengan adanya pengaturan jadwal khusus. Faktor penghambat : tidak semua siswa memulai belajar taḥfiẓ dari kelas I, tenaga pengajar taḥfiẓ Al- Qur‟an masih kurang 4 guru taḥfiẓ putra dan 4 guru taḥfiẓ putri, tempat untuk istirahat bagi siswa putra kurang kondusif, Al-Qur‟an yang digunakan belum diseragamkan, hanya beberapa siswa yang menggunakan Al-Qur‟an pojok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Siti Johariyah, M. Pd
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran taḥfiẓ Al-Qur‟an
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 27 Mar 2017 14:01
Last Modified: 27 Mar 2017 14:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24787

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum