STUDI KORELASI SISTEM ISLAMIC BOARDING SCHOOL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MTA SURAKARTA

Ahmad Hanif Arsyad Fata, NIM. 12490049 (2017) STUDI KORELASI SISTEM ISLAMIC BOARDING SCHOOL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MTA SURAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI SISTEM ISLAMIC BOARDING SCHOOL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MTA SURAKARTA)
12490049_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI SISTEM ISLAMIC BOARDING SCHOOL DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA MTA SURAKARTA)
12490049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif dengan studi korelasional ini bertujuan untuk: 1) mengetahui signifikansi dan arah hubungan antara variabel X (sistem Islamic Boarding School) terhadap varibel Y (motivasi belajar siswa), 2) mengetahui hubungan variabel X (sistem Islamic Boarding School) dengan variabel Y (motivasi belajar) apakah masih tetap ada setelah dikontrol dengan variabel Z1 (gaya belajar visual), Z2 (gaya belajar auditorial), dan Z3 (gaya belajar kinestetik), dan 3) mengetahui seberapa besar hubungan variabel X (sistem Islamic Boarding School) terhadap variabel Y (motivasi belajar siswa) di SMA MTA Surakarta ketika dikontrol dengan variabel Z1 (gaya belajar visual), Z2 (gaya belajar auditorial), dan Z3 (gaya belajar kinestetik). Penelitian skripsi ini dilakukan di SMA MTA Surakarta dengan populasi target (target population) berjumlah 400 siswa dan sampel sebanyak 199 siswa. Instrumen pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis korelasi bivariate dan korelasi partial dengan bantuan aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Sciences) 16. Berdasarkan olah dan analisis data diperoleh temuan bahwa hubungan antara variabel X (sistem Islamic Boarding School) dan variabel Y (motivasi belajar) setelah dikontrol dengan variabel Z1 (gaya belajar visual) dan Z2 (gaya belajar auditorial), ternyata variabel X (sistem Islamic Boarding School) tidak berhubungan secara linear terhadap variabel Y (motivasi belajar). Dengan kata lain, variabel Z1 (gaya belajar visual) dan Z2 (gaya belajar auditorial) memediasi hubungan antara variabel X (sistem Islamic Boarding School) dan variabel Y (Motivasi belajar). Hal tersebut dibuktikan pada korelasi bivariate (ryx) yang memiliki nilai koefisien sebesar 0.422 lebih besar dari koefisien korelasi partial (ryx.z1 & ryx.z2) yang memiliki nilai 0.274 (sistem IBS dan motivasi belajar dikontrol gaya belajar visual), dan 0.307 (sistem IBS dan motivasi belajar dikontrol gaya belajar audirorial). Berarti hubungan antara variabel X (sistem Islamic Boarding School) dengan variabel Y (motivasi belajar) ketika dikontrol oleh variabel Z1 (gaya belajar visual) dan Z2 (gaya belajar auditorial) adalah spurious (tidak ada hubungan) karena variabel Z1 (gaya belajar visual) dan Z2 (gaya belajar auditorial) memediasi hubungan antara variabel X (sistem Islamic Boarding School) dan variabel Y (motivasi belajar). Hal tersebut membuat hubungan linear antara variabel X (sistem Islamic Boarding School) dengan variabel Y (motivasi belajar) tidak lagi eksis, karena ketika variabel Z1 (gaya belajar visual) dan Z2 (gaya belajar auditorial) tidak ada, maka variabel X (sistem Islamic Boarding School) tidak akan berhubungan secara linear terhadap variabel Y (motivasi belajar). Sedangkan ketika dikontrol dengan variabel Z3, ternyata variabel X (sistem Islamic Boarding School) dan variabel Y (motivasi belajar) mampu berhubungan secara linear, karena nilai koefisien antara koefisien korelasi bivariate dan koefisien korelasi partial hanya berbeda tipis, yakni 0.422 dan 0.412. Maka hal tersebut secara statistik tidak dapat dinyatakan bahwa koefisien korelasi bivariate dan koefisien korelasi partial berbeda, atau dengan kata lain korelasi bivariate sama dengan koefisien korelasi partial (ryx = ryx.z3). Artinya, hubungan antara variabel X (sistem Islamic Boarding School) dengan variabel Y (motivasi belajar) benar-benar linear tanpa harus dipengaruhi oleh variabel Z3 (gaya belajar kinestetik).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Riduan Zain, S.Ag., M.A.
Uncontrolled Keywords: Sistem Islamic Boarding School, motivasi belajar, gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 11 Apr 2017 09:28
Last Modified: 11 Apr 2017 09:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/24999

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum