OPTIMASI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY INTEGER LINEAR PROGRAMMING (BRANCH AND BOUND) (Studi kasus Pabrik Roti Bangkit)

Prayudo Dwi Pangestu, NIM. 12660006 (2017) OPTIMASI PRODUKSI DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY INTEGER LINEAR PROGRAMMING (BRANCH AND BOUND) (Studi kasus Pabrik Roti Bangkit). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
12660006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
12660006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (884kB) | Preview

Abstract

Integer Linear Programming adalah sebuah model penyelesaian matematis yang memungkinkan hasil penyelesaian kasus pemrograman linear yang berupa bilangan pecahan diubah menjadi bilangan bulat tanpa meninggalkan optimalitas penyelesaian. Pabrik roti Bangkit merupakan sebuah industri rumahan yang memproduksi berbagai macam rasa roti, yaitu roti rasa coklat, roti rasa strawberry, roti rasa mocha dan roti rasa coklat kacang. Dalam proses produksi pimpinan pabrik kesulitan untuk menentukan jumlah produksi yang harus diproduksi pada periode yang akan datang. Biasanya untuk menentukan berapa banyak yang harus diproduksi adalah hanya dengan melihat permintaan pada periode sebelumnya tanpa mempertimbangkan kendala-kendala yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan jumlah produksi yang optimum guna mendapatkan keuntungan yang maksimal. Penyelesaian pada masalah ini menggunakan metode Fuzzy Integer Linear Programming (Branch and Bound) yang diolah menggunakan software LINDO. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pabrik roti bangkit akan memperoleh keuntungan sebesar Rp. 3.244.750 dengan memproduksi roti rasa coklat sebanyak 2.766 buah, rasa strawberry sebanyak 1.577 buah, rasa mocha sebanyak 7.348 buah dan rasa coklat kacang sebanyak 1.435 buah. Kata kunci : LINDO, Fuzzy Integer Linear Programming, Branch and Bound

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Husna Ainu Syukri, M.T.
Uncontrolled Keywords: LINDO, Fuzzy Integer Linear Programming, Branch and Bound
Subjects: Tehnik Industri
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Industri (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 07 Apr 2017 11:19
Last Modified: 07 Apr 2017 11:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25030

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum