Munajat, Nur (2016) KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM. AL BIDAYAH, Vol. 8 (No. 2). pp. 155-168. ISSN 2085-0034
|
Image (04. Nur Munajat - KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM)
cover AL BIDAYAH VOL 8 No 2_Page_1.jpg - Cover Image Download (598kB) | Preview |
|
|
Image (04. Nur Munajat - KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM)
cover AL BIDAYAH VOL 8 No 2_Page_2.jpg - Cover Image Download (542kB) | Preview |
|
|
Text (04. Nur Munajat - KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM)
DAFTAR ISI.pdf - Published Version Download (160kB) | Preview |
|
|
Text (04. Nur Munajat - KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM)
04. Nur Munajat - KEBIJAKAN MANAJEMEN BERBASIS MADRASAH DALAM PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
Abstract
Centralition and dualism in Islam education management carrioud by National Education Ministry and Religion Ministry did not only cause overlapping, but also Islam education quality improvement which was not optimal. As the prevailing of Government Regulation of RI Number 25 Year 2000 on Central Government and Provincial Authority as Autonomous Region and empirical proofs which indicated that central-based management was one of cause factors of Islam education quality which was not optimal. So, the implementation of madrasah-based management (MBM) in improving Islam education quality was one of probabability that had to be done. The essences of MBM were madrasah autonomy and participative decision. The objective of MBM was to empower the madrasah. MBM policy in improving Islam education quality could be sorted as follow: socializing MBM concept, doing target analysis, identifying functions needed to reach target, doing SWOT analysis, organizing madrasah plan, implementing its plan and formulating new target. Keywords: madrasah-based management, Islam education quality. ABTRAK Sentralisasi sistem manajemen pendidikan islam yang masih dikelola oleh Negara, dan dualisme pengelolaan oleh Kemendiknas dan Kementerian Agama telah menyebabkan lambatnya peningkatan mutu pendidikan Islam. Hal ini menunjukkan bahwa manajemen berbasis pusat merupakan salah satu faktor penyebab kurang optimalnya mutu pendidikan Islam. Seiring dengan terus berlangsungnya otonomi daerah, mestinya kebijakan tentang Manajemen Berbasis Madrasah (MBM) dalam peningkatan mutu pendidikan Islam sebagai wujud dari desentralisasi pendidikan merupakan suatu keniscayaan yang perlu segera dilakukan. Esensi MBM adalah otonomi madrasah plus pengambilan keputusan partisipatif. Tujuan MBM adalah untuk memberdayakan madrasah. Kebijakan MBM dalam meningkatkan mutu pendidikan Islam dapat diurutkan sebagai berikut : mensosialisasikan konsep MBM, melakukan analisis sasaran, mengidentifikasikan fungsi-fungsi yang diperlukan untuk mencapai sasaran, melakukan analisis SWOT, meyusun rencana madrasah, mengimplementasikan rencana madrasah dan merumuskan sasaran baru. Key word : manajemen berbasis madrasah, mutu, pendidikan islam
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | manajemen berbasis madrasah, mutu, pendidikan islam |
Subjects: | Pendidikan > Manajemen Pendidikan |
Divisions: | Jurnal > 3. Al Bidayah |
Depositing User: | Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id) |
Date Deposited: | 08 May 2017 14:09 |
Last Modified: | 08 May 2017 14:09 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25317 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |