TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA BELl RUMAH REAL ESTATE PADA PT NUSCON ASRI YOGYAKARTA

VERY HAPPY SETIYAWATI, NIM. 01380941 (2005) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA BELl RUMAH REAL ESTATE PADA PT NUSCON ASRI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA BELl RUMAH REAL ESTATE PADA PT NUSCON ASRI YOGYAKARTA)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN SEWA BELl RUMAH REAL ESTATE PADA PT NUSCON ASRI YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perjanjian sewa beli merupakan peijanjian campuran antara jual beli dan sewa yang mempunyai bentuk: khusus, kekhususan dari bentuk: tersebut adalah hak pemilikan barang belum beralih sebelum harga barang dibayar lunas dan tidak boleh dipindah tangankan kepada pihak ketiga. Sewa beli mula-mula ditimbulkan dalam praktek untuk menampung persoalan bagaimanakah caranya memberikan jalan keluar apabila pihak penjual menghadapi banyak permintaan atau hasrat untuk membeli barangnya tetapi calon-calon pembeli tidak mampu membayar harga barang sekaligus atau tunai. Perjanjian sewa beli belum ada ketentuan-ketentuan yang lebih rinci, sehingga dalam pelaksanaannya ditentukan sesuai dengan pihak-pihak yang membuat perjanjian. Namun dalam prakteknya, yang lazim dibebani resiko jika teijadi suatu keadaan yang memaksa (force majeure) atas barang sebelum angsuran dibayar lunas adalah menjadi tanggungan pihak pembeli, padahal selama masa tempo pembayaran angsuran, pihak pembeli hanya mempunyai hak pemanfaatan barang saja. Penelitian Skripsi ini memfokuskan pembahasan pada tinjauan hukum Islam terhadap pelaksanaan peijanjian sewa beli rumah real estate pada PT Nuscon Asri Yogyakarta. Adapun tujuan dari Skripsi ini adalah untuk menjelaskan pandangan hukum Islam terhadap pelaksanaan peijanjian sewa beli. Hal ini dilakukan karena pelaksanaan perjanjian sewa heli tidak sesuai dengan teorinya. Bahwa pihak penjual juga ikut bertanggung jawab atas barang yang disewa belikan. Sehubungan dengan hal ini, PT Nuscon Asri selaku pihak penjual tidak bertanggung jawab atas barang yang disewa belikan, semua resiko dibebankan kepada pembeli. Penelitian ini menggunakan pendekatan normatif, yaitu dalam hal ini penyusun menggunakan teks-teks al-Qur'an dan as-Sunnah serta kaidah-kaidah Fiqhiyah maupun Ushuliyah untuk menjawab pokok masalah penelitian. Berdasarkan hasil observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen, dapat diketahui bahwa pelaksanaan perjanjian sewa beli yang dilakukan oleh PT Nuscon Asri ini, jika teijadiforce majeure dapat diselesaikan dengan musyawarah antara kedua belah pihak dan meninjau kembali isi dari perjanjian sewa beli. Berdasarkan analisis yang dilakukan oleh penyusun pelaksanaan perjanjian sewa beli rumah real estate pada PT Nuscon Asri Yogyakarta dapat dibenarkan menurut hukum Islam, karena dilaksanakan dengan sating rela, dengan suka sama suka, dengan itikad baik, serta menguntungkan masing-masing pihak, dan untuk menghindari kesulitan dalam mendapatkan rumah yang layak untuk dihuni ( aL-hajat).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. RIYANTA, M.Hum 2. Hj. FATMA AMILIA, S. Ag. M. Si
Uncontrolled Keywords: sewa, beli
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 04 Jul 2017 08:16
Last Modified: 04 Jul 2017 08:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/25715

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum