PENGAJARAN AL-QUR' AN BAGI ANAK PRASEKOLAH (Studi Komparasi antara Taman Kanak-Kanak al-Qur'an Plus Kibar dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mu'adz Bin Jabal Yogyakarta)

Arifiedha Koerniawntie, NIM. 01410545 (2006) PENGAJARAN AL-QUR' AN BAGI ANAK PRASEKOLAH (Studi Komparasi antara Taman Kanak-Kanak al-Qur'an Plus Kibar dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mu'adz Bin Jabal Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGAJARAN AL-QUR' AN BAGI ANAK PRASEKOLAH (Studi Komparasi antara Taman Kanak-Kanak al-Qur'an Plus Kibar dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mu'adz Bin Jabal Yogyakarta))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENGAJARAN AL-QUR' AN BAGI ANAK PRASEKOLAH (Studi Komparasi antara Taman Kanak-Kanak al-Qur'an Plus Kibar dan Taman Kanak-Kanak Islam Terpadu Mu'adz Bin Jabal Yogyakarta))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

ARIFIEDHA KOERNIA WATIE. Pengajaran al-Qur 'an Bagi Anak Prasekolah (Studi Komparasi antara TKA Plus Kibar dan TKIT Mu 'adz Bin Jabal Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tcntang pcngajaran al-Qur'an bagi anak prasckolah pada TKA Plus Kibar Yogyakarta dan TKIT Mu'adz Bin Jabal Yogyakarta. Langkah yang ditempuh adalah membandingkan data yang diperoleh pada dua lembaga tersebut. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk mengetahui bagaimana idealnya peng~aran al-Qur'an bagi anak prasekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif komparatif. Pengumpulan data dilakukan dcngan mengadakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pcmcriksaan keabsahan data dilakukan dcngan mengadakan triangulasi data. Data yang telah disimpulkan tersebut dibandingkan untuk memperoleh persamaan dan perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat persamaan dan perbedaan peng~jaran al-Qur'an pada TKA Plus Kibar dan TKIT Mu'adz Bin Jabal Yogyakarta. Kedua lembaga tersebut sama-sama memprioritaskan pengajaran al Qur'an di samping pengajaran lainnya karena berangkat dari misi masing-masing lembaga untuk melahirkan generasi Qur'ani. Perbedaan tampak pada target yang akan di capai berbeda. Proses pcngajaran ai-Qur'an pada TKA Plus Kibar Yogyakarta lebih menekankan kemampuan membaca al-Qur'an bagi siswa yang telah menyelesaikan pendidikan di lembaga tersebut. Untuk materi al-Qur'an yang lain haru sebatas pada kemampuan ranah kognitif. Materi al-Qur'an tersebut merupakan stimulan untuk membangkitkan rasa keagamaan pada siswa. Sedangkan pengajaran ai-Qur'an di TKlT Mu'adz Bin Jabal tidak menekankan siswa bisa membaca al-Qur'an akan tetapi menekankan penguasaan semua materi hafalan dan pengimplemantasiannya dalam kehidupan sehari-hari siswa terutama di sekolah. Hal ini didukung oleh sistem pendidikan pada TK tersebut. yakni sistem fullday school. Pengajaran al-Qur'an pada kedua lembaga tersebut bisa terlaksana karena adanya beberapa faktor pendukung yakni: I) Adanya bimbingan al-Qur'an hagi para pengajar untuk meningkatkan membaca ai-Qur'an. 2) Adanya kerjasama antara guru dalam pengajaran ai-Qur'an. Adapun faktor penghamhat pengajaran ai-Qur'an pada kedua lembaga tersebut sama-sama berbeda. Pada TKA Plus Kibar faktor penghambatnya adalah belum tersusunnya kurikulum pengajaran ai-Qur'an sehingga guru harus memilah dan memilih materi yang akan disampaikan agar tidak terjadi overlapping. Sedangkan penghamhat paud TKIT Mu'adz Bin Jabal adalah adanya kejenuhan dari siswa terhadap materi yang selalu diulang tanpa dibarengi penggunaan metode yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Drs. H. Sumedi, M.Ag. 2. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: al Qur'an, anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 14 Jul 2017 13:15
Last Modified: 14 Jul 2017 13:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26093

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum