IMPLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DALAM AL-QURAN TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM

Shofi'i, NIM. 02411085 (2006) IMPLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DALAM AL-QURAN TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DALAM AL-QURAN TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (200MB) | Preview
[img] Text (IMPLIKASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN BERWAWASAN LINGKUNGAN DALAM AL-QURAN TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM)
BAB II,III,IV..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

SHOFI'I. Implikasi Nilai-Nilai Pendidikan Berwawasan Lingkungan dalam Al-Qur'an Terhadap Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, 2006. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis nilai-nilai pendidikan berwawasan lingkungan yang terkandung dalam AlQur'an serta mengetahui implikasi-implikasinya terhadap pendidikan Islam. Hasil penelitian ini diharapkan akan dapat dipergunakan sebagai media informasi bagi siapa saja yang berusaha mendalami Al-Qur' an, perananya dalam pengelclaan lingkungan dan peranan pendidikan Islam dalam pengelolaan lingkungan hidup. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif kepustakaan (library research). Pengwnpulan data melalui studi pustaka, yang didasarkan pada data primer dan data sekunder. Analisis data menggunakan metode analisis isi (content-analysis) dan metode penalaran. Metode analisis isi (content-analysis) meliputi analisis semantik dan analisis sintetik, sedangkan metode penalaran, meliputi metode induktif, deduktif dan komparasi. Hasil penelitian menunjukan: 1) Nilai-nilai pendidikan berwawasan lingkungan yang terkandung dalam Al-Qur'an terdiri dari pendidikan humanis, pendidikan teosentris, dan pendidikan ekosentris. Pendidikan humanis berisi tentang kewajiban mengelola lingkungan hidup, penyebab utama terjadinya,krisis lingkungan hidup, mengenal potensi dasar manusia, memahami tugas manusia sebagai khalifah di muka bumi, dan perintah berbuat baik kepada semua. Pendidikan teosentris berisi tentang larangan berbuat syirik dan perintah beribadah pad a Allah ( 'abdullah ). Sedangkan pendidikan ekosentris berisi ten tang pengaruh lingkungan terhadap budaya dan perilaku manusia. 2) Implikasi nilainilai pendidikan berwawasan lingkungan dalam Al-Qur'an terhadap pendidikan Islam meliputi aspek tujuan atau konsep pendidikan Islam, yaitu a) pendidikan Islam bertujuan membentuk kepribadian untuk menjadi manusia seutuhnya (insan kflmil), b) pendidikan Islam membentuk man usia yang dapat berpikir dan bertanggungjawab, c) pendidikan Islam harus berorientasikan pada pengembangan potensi manusia secara maksimal, d) pendidikan Islam harus integral antara pendidikan aqliyyah dan pendidikan qalbiyyah. Aspek bahan materi, pendidikan Islam hendaknya memasukan materi-materi penanaman nilainilai kesadaran lingkungan terhadap peserta didiknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: 1. Mahmud Arif, M. Ag 2. Drs. H. Abdul Shomad, M.A.
Uncontrolled Keywords: pendidikan, lingkungan
Subjects: Islam dan Lingkungan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 20 Jul 2017 08:11
Last Modified: 20 Jul 2017 08:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/26286

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum