PERSEPSI EFEKTIVITAS, KEPERCAYAAN, DAN RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN INTERNET BANKING PADA BANK SYARIAH DI PROVINSI YOGYAKARTA

Luhdrini Nilamtiti Dampararas, NIM. 12820077 (2017) PERSEPSI EFEKTIVITAS, KEPERCAYAAN, DAN RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN INTERNET BANKING PADA BANK SYARIAH DI PROVINSI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERSEPSI EFEKTIVITAS, KEPERCAYAAN, DAN RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN INTERNET BANKING PADA BANK SYARIAH DI PROVINSI YOGYAKARTA)
12820077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (PERSEPSI EFEKTIVITAS, KEPERCAYAAN, DAN RISIKO TERHADAP MINAT PENGGUNAAN INTERNET BANKING PADA BANK SYARIAH DI PROVINSI YOGYAKARTA)
12820077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi kemudahan, persepsi efektivitas, kepercayaan, dan risiko terhadap minat penggunaan internet banking pada Bank Syariah di Provinsi Yogykarta. Objek dari penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah di Provinsi Yogykarta. Data yang dipakai adalah data primer, dilakukan dengan menggunakan kuesioner serta menggunakan teknik pengambilan sampling yang digunakan adalah dengan menggunakan purposive sampling atau judgemental sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan BRI Syariah yang belum menggunakan internet banking yang berjumlah 100 responden. Teknik analisis data yang dipakai adalah regresi linear berganda. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji T-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial, serta uji F-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan atau bersama-sama dengan tingkat signifikansi sebesar 5%. Selain itu juga dilakukan uji asumsi klasik yang meliputi uji multikolinearitas, uji heterokesdasitas, dan uji normalitas dengan menggunakan SPSS 20. Berdasarkan hasil uji parsial (Uji T) persepsi kemudahan terhadap minat menggunakan internet banking menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,039 < 0,05 dan thitung < ttabel ( 2,092 < 1.985). Artinya bahwa persepsi kemudahan berpengaruh terhadap minat menggunakan internet banking. Persepsi efektivitas terhadap minat menggunakan internet banking menunjukkan nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,002 < 0,05 dan thitung > ttabel (3,110 > 1,985). Artinya bahwa persepsi efektivitas berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan internet banking. Kepercayaan terhadap minat menggunakan internet banking menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 < 0,05 dan thitung > ttabel (3,907 > 1,985). Artinya bahwa kepercayaan berpengaruh positif signifikan terhadap minat menggunakan internet banking. Risiko terhadap minat menggunakan internet banking menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,038 < 0,05 dan thitung > ttabel (-2,099 > 1.985). Artinya bahwa persepsi kepercayaan berpengaruh negatif signifikan terhadap minat menggunakan internet banking. This research intended to determine the effect of ease perceptions, perceptions of effectiveness, confidence, and risks on the interest of internet banking use in Sharia Banks in Yogykarta Province. The object of this research is the customer of Bank Syariah in Yogykarta Province. The data used is primary data, done by using questionnaire and also use sampling technique used is by using purposive sampling or judgmental sampling. Samples in this research are BNI Syariah, Bank Syariah Mandiri and BRI Syariah customers who have not used internet banking with 100 respondents. The data analyzing technique that‟s used was multiple linear regression. The hypothesis test of this research used T-Statistic test to verify partial regression‟s coeficient, and F-Statistic test to verify the affect simultaneosly or together with significant level in the mount of 5%. Besides, it was also tested a clasic asumsion, that were multicollinearity test, heterokesdasitas test, and normality test by using SPSS 20. According to the result of the partial test (T test), perception of ease of interest using internet banking shows significance value obtained by 0,039 <0,05 and tcount <ttabel (2.092 <1.985). This means that the perception of ease of effect on the interest of using internet banking. Perception of the effectiveness of interest in using internet banking shows the significance value obtained by 0.002 <0.05 and tcount> ttable (3.110> 1.985). This means that the perception of effectiveness has a significant positive effect on the interest of using internet banking. Trust in interest in using internet banking shows a significance value of 0.000 <0.05 and tcount> ttable (3.907> 1.985). This means that trust has a significant positive effect on interest in using internet banking. The risk of interest in using internet banking shows a significance value of 0.038 <0.05 and tcount> ttable (-2.099> 1.985). This means that the perception of trust has a significant negative effect on interest in using internet banking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Ghafur Wibowo, S.E., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: Perception of Convenience, Perception of Effectiveness, Trust, Risk, and Interest Using Internet Banking, Persepsi Kemudahan, Persepsi Efektvitas, Kepercayaan, Risiko, dan Minat Menggunakan Internet Banking
Subjects: Ekonomi Syariah
Keuangan Syariah
Penelitian - Metode
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 09 Oct 2017 15:36
Last Modified: 09 Oct 2017 15:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27161

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum