ANALISIS KINERJA BANK SYARIAH DI INDONESIA DENGAN METODE DU PONT DAN MAQASID SYARIAH INDEX (Studi Kasus Pada BNI Syariah,BRI Syariah, dan BSM)

Nilam Kusumawati, NIM. 13820040 (2017) ANALISIS KINERJA BANK SYARIAH DI INDONESIA DENGAN METODE DU PONT DAN MAQASID SYARIAH INDEX (Studi Kasus Pada BNI Syariah,BRI Syariah, dan BSM). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KINERJA BANK SYARIAH DI INDONESIA DENGAN METODE DU PONT DAN MAQASID SYARIAH INDEX (Studi Kasus Pada BNI Syariah,BRI Syariah, dan BSM))
13820040_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KINERJA BANK SYARIAH DI INDONESIA DENGAN METODE DU PONT DAN MAQASID SYARIAH INDEX (Studi Kasus Pada BNI Syariah,BRI Syariah, dan BSM))
13820040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan perbankan syariah di Indonesia terbukti secara nyata melalui banyaknya bermunculan institusi syariah di Indonesia. Tujuan bank syariah secara umum adalah untuk mendorong kemajuan ekonomi masyarakat dengan melakukan kegiatan perbankan, finansial, komersial, dan investasi sesuai kaidah islam. Persaingan dalam dunia perbankan membuat bank-bank di indonesia khusunya bank syariah harus selalu memperhatikan dan meningkatkan kinerjanya. Namun, bank syariah masih melakukan pengukuran kinerja yang berfokus pada keuangan semata sementara bank syariah harus diukur dari sisi sejauh mana bank syariah menjalankan nilai-nilai syariah dan sejauh mana tujuantujuan syariah dilaksanakan oleh bank syariah tersebut. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengukur kinerja bank syariah di Indonesia tidak hanya dari sisi keuangan yakni menggunakan Du Pont, namun melakukan pengukuran kinerja dari sisi maqasid syariah menggunakan metode MSI (Maqasid Syariah Index). Objek penelitiannya adalah bank syariah di Indoensia yakni BRI Syariah, BNI Syariah, dan BSM. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa BNI Syariah dalam kinerja yang paling baik dari aspek keuangan menggunakan metode Du Pont system, dilanjutkan dengan BRI Syariah dan BSM. Sedangkan BRI Syariah dengan nilai MSI tertinggi dilanjutkan dengan BNI Syariah dan BSM menggunakan Maqasid Syariah Index (MSI). Artinya bank syariah tidak hanya harus terfokus dalam pengembangan aspek keuangan namun harus terfokus pula dalam memberikan kemaslahatan bagi masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. A. Yusuf Khoiruddin, S.E., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengukuran Kinerja, Du Pont system, Maqasid Syariah Index, ROI, Net Profit Margin,Total Aset Turnover.
Subjects: Ekonomi Syariah
Keuangan Syariah
Penelitian - Metode
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Aug 2017 14:38
Last Modified: 08 Aug 2017 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum