PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 2 SLEMAN

Nurvita Eka Adiyati, NIM. 12690019 (2017) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 2 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 2 SLEMAN)
12690019_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS X SMAN 2 SLEMAN)
12690019_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian bertujuan 1) Mengetahui pengaruh model PBL terhadap peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Sleman. 2) Mengetahui besar peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Sleman. Penelitian ini merupakan Penelitian Eksperimen Semu (Quasi Experimental) dengan desain penelitian Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Sleman dengan sampel penelitian ini yaitu XC sebagai kelas eksperimen dan XD sebagai kelas kontrol. Pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Model pembelajaran yang diterapkan adalah PBL dengan langkah-langkah (1) mengorientasikan siswa terhadap masalah, (2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, (3) membimbing penyelidikan siswa, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik pengumpulan data hasil belajar fisika ranah kognitif menggunakan teknik tes dengan instrumen pengumpulan data berupa lembar soal uraian pretest-posttest. Instrumen pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini yaitu silabus dan rpp. Analisis data menggunakan Independent sampel t-test untuk mengetahui pengaruh model PBL dan dilanjutkan dengan uji Normalized Gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar fisika. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulakan: 1) Tidak terdapat pengaruh model PBL terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Sleman. Karena dari pengujian t-test diketahui bahwa hipotesis yang diterima adalah H0 yang menyatakan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (thitung= -0,396 < ttabel= 2,006); 2) Peningkatan hasil belajar fisika siswa kelas X SMAN 2 Sleman untuk kelas eksperimen berada pada kategori tinggi yaitu dengan nilai N-Gain sebesar dengan 0,714 sedangkan kelas kontrol berada pada kategori sedang dengan nilai N-Gain sebesar 0,615. Kata kunci: Model Problem Based Learning, hasil belajar, Listrik Dinamis

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learning, hasil belajar, Listrik Dinamis
Subjects: Pendidikan Fisika
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Sep 2017 13:19
Last Modified: 15 Sep 2017 13:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27369

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum