PENGUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LUAR KELAS (Studi Kasus di SMP Insan Cendekia Turi Sleman)

Anji Fathunaja, NIM: 1420410216 (2017) PENGUATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI LUAR KELAS (Studi Kasus di SMP Insan Cendekia Turi Sleman). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text
1420410216_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text
1420410216_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (601kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pembelajaran PAI di dalam kelas dianggap belum cukup untuk membentuk pribadi peserta didik yang bertaqwa dan berbudi pekerti luhur. Pembelajaran yang hanya tiga jam pelajaran dalam seminggu tentunya masih sangat kurang untuk mengajarkan materi PAI. Selain itu, SMP Insan Cendekia Turi merupakan sekolah berbasis pondok pesantren sehingga semua siswasiswinya seharusnya mendapatkan pelajaran lebih tentang pendidikan agama Islam, atau semua siswanya berada dalam satu asrama sehingga mudah untuk mengondisikan pembelajarannya. Akan tetapi kenyataannya tidak demikian, sehingga menurut peneliti, fenomena ini layak untuk diteliti tentang penguatan pembelajaran PAI di luar kelas yang terjadi atau diterapkan oleh SMP Insan Cendekia. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi dan observasi. Pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi data pada sumber data dan metode penggalian data. Hasil daripada penelitian ini terbagi menjadi dua pembahasan sesuai dengan rumusan masalah yang dirumuskan. Pertama, mengenai faktor penguatan dalam pembelajaran PAI, diantaranya adalah faktor penguatan pendidik, penguatan proses pembelajaran, penguatan peserta didik, dan penguatan lingkungan pembelajaran. Berdasarkan empat faktor tersebut, SMP Insan Cendekia telah mampu mengembangkan atau memenuhi ketiga faktor penguatan yang pertama. Penguatan lingkungan pembelajaran ini belum sepenuhnya terlihat, hal ini dikarenakan berkaitan dengan model pesantren yang diterapkan sekolah tidak terfokus dalam satu asrama. Akan tetapi, hal ini merupakan terobosan yang luarbiasa mengingat peserta didik SMP Insan Cendekia merupakan siswa-siswi yang memerlukan penanganan lebih. Hasil penelitian yang kedua, berkaitan dengan model penguatan pembelajaran PAI luar kelas di SMP Insan Cendekia Turi yaitu model pondok pesantren. Model pesantren dengan pendekatan sistem untuk menaganalisis dari empat unsur pokok; tujuan pembelajaran, karakteristik peserta didik, materi dan metode pembelajaran dan evaluasi pembelajaran. Pembelajaran model pondok pesantren memberikan penguatan pada empat unsur pokok di atas. Hal ini dikarenakan pondok pesantren menerapkan pembelajaran agama secara komprehensif. Secara langsung, kuantitas jam belajar agama di sekolah yang sangat sedikit juga teratasi. Peserta didik yang melalui jalur pesantren lebih bervariasi serta mayoritas anak-anaknya lebih mudah dikondisikan dan mempunyai motivasi belajar lebih baik. Evaluasi pembelajaran model pondok pesantren meskipun tidak terstruktur, akan tetapi lebih bisa menilai aspek afektif peserta didik. Secara keseluruhan, peneliti melihat adanya perbaikan kualitas atau penguatan pembelajaran di SMP Insan Cendekia Turi Sleman. Melalui model penguatan pembelajaran semacam ini, peneliti menyimpulkan bahwa model ini layak untuk dijadikan percontohan sekolah berbasis karakter. Meskipun belum sepenuhnya sempurna, akan tetapi sinergi pihak sekolah dengan wali murid lebih terkondisikan dengan baik sehingga aspek afektif anak-anak lebih terpantau. Kata Kunci: Penguatan Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maemunah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penguatan Pembelajaran dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Islam
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 26 Sep 2017 13:43
Last Modified: 26 Sep 2017 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27379

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum