PERANSERTA ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH ISLAM DAR AL-HAKIM YOGYAKARTA

ZAKIATI SALMA, NIM. 1520010067 (2017) PERANSERTA ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH ISLAM DAR AL-HAKIM YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERANSERTA ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH ISLAM DAR AL-HAKIM YOGYAKARTA)
1520010067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERANSERTA ORANGTUA DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI SEKOLAH ISLAM DAR AL-HAKIM YOGYAKARTA)
1520010067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Peranserta orangtua dalam pendidikan anak, memegang peranan penting. Ia sangat berpengaruh terhadap usaha mengoptimalkan perkembangan anak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa peranserta orangtua dalam pendidikan anak di sekolah, terutama Pendidikan Anak Usia Dini masih tergolong rendah. Namun, hal ini tidak terjadi di Sekolah Islam Dar al-Hakim (SIDAH) Yogyakarta. Dari pengamatan, terlihat bahwa orangtua cukup aktif berperanserta di sana. Penelitian ini dilakukan untuk melihat secara lebih dalam bagaimana bentuk, faktor yang mempengaruhi, dan dampak peranserta orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini di SIDAH. Sehingga, dapat diperoleh gambaran utuh mengenai manfaat peranserta orangtua dalam pendidikan anak di sekolah. Penelitian ini bersifat lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan sifat-sifat populasi tertentu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus pada lima orangtua yang memiliki anak usia dini di SIDAH. Penggalian data dan informasi dilakukan melalui teknik wawancara. Untuk memperoleh data tentang bentuk-bentuk peranserta orangtua, dipakai teori Overlapping Sphere of Influence yang dikemukan oleh Epstein yang membagi bentuk peranserta orangtua secara terperinci menjadi enam tipe keterlibatan, yakni parenting education (pendidikan orang tua), komunikasi, volunteer (relawan), pembelajaran di rumah, membuat keputusan dan bekerjasama dengan komunitas. Hasil penelitian ini menemukan bahwa orangtua di SIDAH berperanserta aktif dalam proses pendidikan di sana. Bentuk peranserta tersebut 1) parenting education, baik formal maupun informal, 2) parent and teacher club, sebagai jembatan komunikasi, 3) voluntary, membantu kegiatan sekolah secara sukarela, 4) mendampingi anak dalam mengerjakan tugas sekolah di rumah, 5) berkontribusi dalam pembuatan keputusan sekolah, dan 6) ikutserta dalam Festival Anak Kreatif, dalam rangka berbaur dengan masyarakat. Faktor yang membentuk peranserta ini adalah, 1) kesadaran orangtua akan tanggung jawab pendidikan anak, 2) kebahagiaan anak melihat peranserta orangtuanya di sekolah, 3) silaturahmi yang baik antara orangtua dan guru. Dampak peranserta ini terlihat pada, 1) orangtua yang semakin memahami hakikat pengasuhan anak, 2) anak yang bahagia di sekolah, 3) sekolah yang mampu mengembangkan visi dan misi pendidikannya dengan baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Muhammad Chirzin, M.Ag.,
Uncontrolled Keywords: Peranserta, Orangtua, Pendidikan, SIDAH.
Subjects: Psikologi
Pendidikan Islam (Pesantren)
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 13 Oct 2017 14:29
Last Modified: 13 Oct 2017 14:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27521

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum