IMPLEMENTASI INTEGRASI MAPEL SAINS DENGAN AGAMA DI KELAS IV DAN V SD ISLAM AL-AZHAR 38 BANTUL

Istinaroh, NIM. 1520421031 (2017) IMPLEMENTASI INTEGRASI MAPEL SAINS DENGAN AGAMA DI KELAS IV DAN V SD ISLAM AL-AZHAR 38 BANTUL. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI INTEGRASI MAPEL SAINS DENGAN AGAMA DI KELAS IV DAN V SD ISLAM AL-AZHAR 38 BANTUL)
1520421031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI INTEGRASI MAPEL SAINS DENGAN AGAMA DI KELAS IV DAN V SD ISLAM AL-AZHAR 38 BANTUL)
1520421031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (957kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah banyak anggapan yang mengatakan bahwa agama dan sains terpisah satu sama lain, jika anggapan semacam itu terus berkembang maka yang terjadi adalah adanya dikotomi ilmu sehingga seseorang hanya akan cerdas secara intelektual, ia tidak mengenal Tuhan dan peran sains menjadi hanya semata-mata untuk keperluan praktis. Oleh sebab itu diperrlukan penanaman prinsip-prinsip ketauhidan dalam pengajaran ilmu-ilmu umum termasuk sains, sehingga santara agama dan sains dapat berjalan secara beriringan. Dari fenomena tersebut SD Islam Al-Azhar 38 Bantul menyusun konsep integrasi antar mata pelajaran, mata pelajaran umum dihubungkan dengan agama dan mata pelajaran agama dihubungkan dengan nilai-nilai umum. Sehingga dapat mencetak peserta didik yang cerdas secara intelektual maupun spiritual. Penelitian ini dilakukan untuk: pertama, mendeskripsikan konsep dan gambaran umum integrasi mata pelajaran sains dengan agama, kedua untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi integrasi mata pelajaran sains dengan agama di kelas IV dan V SD Islam Al-Azhar 38 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research), pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi tehni dan sumber. Sedangkan analisisnya bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama, konsep Integrasi Mata Pelajaran Sains dengan Agama sudah diterapkan di SD Islam Al-Azhar 38 Bantul Yogyakarta sejak awal sekolah ini berdiri yakni tahun 2012. Konsep integrasi di SD Islam Al-Azhar 38 Bantul Yogyakarta dituangkan dalam bentuk kurikulum yang terkonsep dari yayasan lalu dikembangkan oleh guru masing-masing bidang studi baik guru pengampu mata pelajaran umum maupun guru pengampu mata pelajaran agama, kurikulum yang telah terkonsep tersebut dikenal dengan istilah Kurikulum Pengembangan Kepribadian Muslim (KPPM). Kedua, implementasi integrasi mata pelajaran sains dengan agama pada kelas IV dan V menggunakan model terpadu (integrated), dimana guru harus mengintegrasikan materi yang akan mereka sampaikan dengan materi lain yang saling memiliki keterikatan baik umum dengan agama maupun pelajaran agama dengan nilai-nilai umum. Tahap yang dilakukan guru ketika melaksanakan pembelajaran integrasi mapel IPA dengan agama dimulai dari analisis SK-KD, pemetaan Kompetensi Dasar, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Penyusunan Metode Pembelajaran, Persiapan Media Pembelajaran, hingga tahap pelaksanaan pembelajaran. Kata kunci: Integrasi, Agama, Sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sabarudin, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Integrasi, Agama, Sains.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Sains
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Oct 2017 10:36
Last Modified: 18 Oct 2017 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27577

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum