POTRET DINAMIKA MOTIF BATIK KLASIK WARISAN KEBUDAYAAN KASUNANAN SURAKARTA (1945-2014) (STUDI PADA BATIK KLASIK WARNA ALAM RETNO MULYO DI DESA KEBON KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN)

TOTOK YUNUS WEDIYANTO, NIM. 09120094 (2017) POTRET DINAMIKA MOTIF BATIK KLASIK WARISAN KEBUDAYAAN KASUNANAN SURAKARTA (1945-2014) (STUDI PADA BATIK KLASIK WARNA ALAM RETNO MULYO DI DESA KEBON KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POTRET DINAMIKA MOTIF BATIK KLASIK WARISAN KEBUDAYAAN KASUNANAN SURAKARTA (1945-2014) (STUDI PADA BATIK KLASIK WARNA ALAM RETNO MULYO DI DESA KEBON KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN))
09120094_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (774kB) | Preview
[img] Text (POTRET DINAMIKA MOTIF BATIK KLASIK WARISAN KEBUDAYAAN KASUNANAN SURAKARTA (1945-2014) (STUDI PADA BATIK KLASIK WARNA ALAM RETNO MULYO DI DESA KEBON KECAMATAN BAYAT KABUPATEN KLATEN))
09120094_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Batik merupakan salah satu hasil kebudayaan Nusantara yang telah ada sejak zaman pra sejarah. Lalu berkembang pada masa animisme, dinamisme, Hindhu-Budha, kejawen, masa keraton, dan sampai masa sekarang. Dahulunya motif batik mempunyai filosofi bagi perajin dan pemakai batik terutama pada masa Kasunanan Surakarta. Dalam perjalanannya muncul perubahan dari nilai filosofis motif batik itu sendiri. Penulis ingin mengkaji dan menganalisis bagaimana terjadinya perkembangan dari motif-motif batik tersebut. Penelitian ini secara khusus mengkaji perubahan motif-motif batik dalam kurun waktu tertentu pada masa pemerintahan Kasunanan Surakarta sampai pada masa sekarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan berpedoman batik termasuk kebudayaan fisik menurut Koenntjaraningrat. Bahwa batik merupakan yang dapat dilihat sebagai hasil kebudayaan. Lalu untuk mengkaji perubahan baik dari motif dan fungsinya menggunakan teori evolusi dari Herbert Spencer. Untuk memahami tentang suatu budaya yang bersifat eksklusif dan memahami perubahan-perubahannya dalam kurun waktu tertentu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan tentang perkembangan batik dari periode kerajaan Islam pada masa pemerintahan Kasunanan Surakarta. Terjadi gubahan motif batik yang dilakukan oleh pemerintahan Kasunanan Surakarta. Batik klasik dapat menyebarluas ke berbagai daerah-daerah kekuasaan pemerintahan Kasunanan Surakarta. Adanya peran pihak Belanda dalam pemerintahan yang memunculkan peraturan tentang pemakaian motif batik. Motif-motif batik yang termasuk dalam motif larangan dapat ditelusuri dan sebabsebab tentang pemakaian batik keluar dari dalam kehidupan keraton. Fungsi batik dari masa ke masa ditemukan adanya perkembangan dari motif batik, fungsi dan dari pemakaiannya. Batik klasik/ tulis produksi dari BTWARM sebagai bukti tentang adanya perubahan-perubahan dari kain batik di masa sekarang ini. Terjadi perkembangan motif batik yang dulu pakem sesuai dengan aturan motif batik Kasunanan Surakarta. Dari penciptaan dan produksi motif-motif batik di BTWARM sebagai bentuk modifikasi dan inovasi budaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Riswinarno, SS., MM
Uncontrolled Keywords: Batik, Motif Batik, Surakarta
Subjects: Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Sejarah Kebudayaan Islam (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 24 Oct 2017 14:23
Last Modified: 24 Oct 2017 14:23
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum