PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA IPA BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH BERDASARKAN AL-QUR’AN SISWA KELAS IV MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

SRI ERDAWATI, NIM. 1520420001 (2017) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA IPA BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH BERDASARKAN AL-QUR’AN SISWA KELAS IV MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA IPA BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH BERDASARKAN AL-QUR’AN SISWA KELAS IV MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
1520420001_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (42MB)
[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA IPA BERBASIS INTEGRASI ISLAM SAINS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN MENUMBUHKAN KEMAMPUAN BERPIKIR ILMIAH BERDASARKAN AL-QUR’AN SISWA KELAS IV MIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA)
1520420001_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan ensiklopedia IPA berbasis integrasi Islam sains yang valid untuk meningkatkan motivasi dan menumbuhkan kemampuan berpikir ilmiah berdasarkan Al-qur‟an siswa kelas IV MIN Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini temasuk ke dalam rumpun penelitian dan pengembangan (R&D), dengan menggunakan model Borg dan Gall. Instrumen penilaian berupa lembar angket, lembar observasi, dan butir soal. Instrumen angket digunakan untuk menilai validitas ensiklopedia yang dilakukan oleh ahli materi, ahli bahasa, ahli media, ahli integrasi Islam sains, dan praktisi pembelajaran IPA. Selain itu, angket juga disebarkan kepada 32 siswa kelas IV MIN Tempel Sleman Yogyakarta untuk mengetahui motivasi dan respon siswa terhadap ensiklopedia IPA berbasis integrasi Islam sains yang telah dikembangkan. Sedangkan instrumen lembar observasi digunakan untuk memvalidasi motivasi dan kemampuan berdasarkan Al-qur‟an siswa, adapun butir soal digunakan untuk mengukur kemampuan berpikir ilmiah siswa sebelum dan sesudah menggunakan ensiklopedia IPA berbasis integrasi Islam sains yang dikembangkan. Validasi ensiklopedia dilakukan dengan cara merubah data kualitatif menjadi data kuantitatif, kemudian dianalisis secara keseluruhan dan peraspek, perolehan skor hasil perhitungan tersebut dikonversikan menjadi nilai kelayakan produk. Sedangkan validasi motivasi dan kemampuan berdasarkan Al-qur‟an siswa dianalisis dengan uji statistik menggunakan SPPS 20, dengan uji paired sample t-tes. Validasi ensiklopedia ditentukan berdasarkan hasil penilaian tim ahli dan penilaian serta respon siswa. Adapun hasil perhitungan ensiklopedia IPA berbasis integrasi Islam sains yang telah dikembangkan, berdasarkan penilaian ahli materi sangat baik (SB) dengan skor 44 dan tingkat persentase keidealan 91,66%. Penilaian ahli bahasa sangat baik (SB) dengan skor 23 dan tingkat persentase keidealan 95,83%. Penilaian ahli media sangat baik (SB) dengan skor 21 dan tingkat persentase keidealan 87,5%. Penilaian ahli integrasi Islam sains sangat baik (SB) dengan skor 18 dan tingkat persentase keidealan 90%. Penilaian ahli pembelajaran IPA sangat baik (SB) dengan skor 97 dan tingkat persentase keidealan 93,16%. Sedangkan respon siswa terhadap produk yang dikembangkan sangat baik (SB) dengan skor 1496 dan tingkat persentase keidealan 89,90%. Adapun validasi motivasi dan kemampuan berdasarkan Al-qur‟an ditentukan berdasarkan hasil uji paired sample t-test. Berdasarkan hasil uji tersebut, sesudah menggunakan ensiklopedia IPA berbasis integrasi Islam sains diperoleh thitung sebesar 41,462 dan ttabel sebesar 2,039 untuk hasil motivasi, dan hasil thitung sebesar 25,099 dan ttabel sebesar 2.039 untuk hasil kemampuan berdasarkan Al-qur‟an. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitungttabel, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya peningkatan motivasi dan kemampuan berpikir ilmiah berdasarkan Al-qur‟an pada siswa yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan ensiklopedia IPA berbasis integrasi Islam sains.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Zuhdan Kun Prasetyo, M.Ed.
Uncontrolled Keywords: Ensiklopedia IPA, Berbasis Integrasi Islam Sains, Motivasi Belajar, dan Berpikir Ilmiah Berdasarkan Al-qur’an.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 25 Oct 2017 09:34
Last Modified: 25 Oct 2017 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/27694

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum