IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016

Fahmi Mahmudah, NIM.10670014 (2017) IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016)
10670014_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN SAINTIFIK (SCIENTIFIC APPROACH) PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK HIDROLISIS GARAM DI KELAS XI IPA 1 SMA NEGERI 1 PLERET BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016)
10670014_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif dan sikap ilmiah peserta didik dengan implementasi pendekatan saintifik (scientific approach) di kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Pleret Bantul pada materi pokok hidrolisis garam pada TA 2015/2016. Sikap ilmiah yang diteliti yaitu sikap ingin tahu, objektif, tekun, terbuka, ingin menemukan, menghargai karya orang lain, dan kritis. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yang dikenai tindakan sebanyak 22 dari 26 peserta didik yang mengalami permasalahan. Data yang dikumpulkan berupa data hasil belajar dan sikap ilmiah peserta didik. Hasil belajar peserta didik dikumpulkan dengan menggunakan lembar soal post tes, sedangkan sikap ilmiah peserta didik dengan lembar penilaian skala sikap serta lembar observasi sikap ilmiah. Data observasi keterlaksanaan pendekatan saintifik juga dikumpulkan dengan lembar observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif dan telah melalui proses kuantifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar pada ranah kognitif dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Rata-rata hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari 74,5 pada siklus I menjadi 79,4 pada siklus II. Persentase peserta didik yang mencapai KKM juga meningkat dari 50 % pada siklus I menjadi 77,8 % pada siklus II. Rata-rata persentase sikap ilmiah peserta didik juga mengalami peningkatan dari 74,1 % menjadi 76,8 % dengan kategori baik. Ratarata sikap ilmiah pesertaa didik berdasarkan observasi juga mengalami peningkatan dari 85,2% menjadi 94,7% dengan kategori sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nina Hamidah, M.Si. M.A.,
Uncontrolled Keywords: hasil belajar, sikap ilmiah, hidrolisis garam, dan pendekatan saintifik.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 01 Nov 2017 14:06
Last Modified: 01 Nov 2017 14:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28095

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum