PENGEMBANGAN INDIVIDUALIZED EDUCATION PROGRAM (IEP) UNTUK PESERTA DIDIK TULI DI SMAN 1 SEWON

Lu’lu Mahfudzoh, NIM. 13670012 (2017) PENGEMBANGAN INDIVIDUALIZED EDUCATION PROGRAM (IEP) UNTUK PESERTA DIDIK TULI DI SMAN 1 SEWON. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN INDIVIDUALIZED EDUCATION PROGRAM (IEP) UNTUK PESERTA DIDIK TULI DI SMAN 1 SEWON)
13670012_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN INDIVIDUALIZED EDUCATION PROGRAM (IEP) UNTUK PESERTA DIDIK TULI DI SMAN 1 SEWON)
13670012_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan Individualized Education Program (IEP) untuk peserta didik Tuli, (2) Mengetahui kualitas pengembangan Individualized Education Program (IEP) untuk peserta didik Tuli, (3) Mengetahui nilai indeks inklusivitas SMAN 1 Sewon. Penelitian pengembangan Individualized Education Program (IEP) ini menggunakan metode Research and Development (R & D) dengan menggunakan langkah-langkah model 4-D yang dicetuskan oleh Thiagarajan dan Semmel tahun 1974 yang meliputi tahap: (1) define yaitu analisis awal, analisis peserta didik berkebutuhan khusus, dan analisis kebutuhan; (2) design yaitu pengembangan produk Individualized Education Program (IEP) menurut Ministry of Education British Columbia (2009) yang berjudul Individual Education Planning for Students with Special Needs: A Resource Guide for Teachers yang terdiri dari empat langkah yaitu: Assessment, Collaboration, Writing, Introducing; (3) develop yaitu validasi ahli materi, ahli media, dan penilaian teman sejawat (peer review), revisi, penilaian guru kimia reguler dan guru pendamping khusus. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan instrumen daftar cek, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu Skala Likert. Hasil penelitian pengembangan Individualized Education Program (IEP) yaitu dalam mengembangkan Individualized Education Program (IEP) untuk peserta didik Tuli yaitu identitas peserta didik Tuli, Tim pengembangan IEP, asesmen yang dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan yang dimiliki peserta didik Tuli, rencana perlakuan, dan lain-lain. Kualitas pengembangan IEP untuk peserta didik Tuli berdasarkan penilaian guru kimia reguler dan guru pendamping khusus mendapatkan kategori Baik (B) dengan persentase keidealan 82,22%. Sedangkan indeks inklusivitas SMA Negeri 1 Sewon secara keseluruhan adalah baik yang terdiri atas beberapa penilaian indeks inklusivitas dari kepala sekolah dan wakil kepala sekolah bagian kurikulum dengan kategori Baik (B) dan persentase keidealan 95,66%, bagian tata usaha dengan kategori Baik (B) dan persentase keidealan 90,5%, guru kimia reguler dengan kategori Baik (B) dan persentase 95,4%, dan guru pendamping khusus dengan kategori Baik (B) dan persentase 99%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: pengembangan IEP, Tuli, indeks inklusivitas, perangkat pembelajaran modifikasi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 02 Nov 2017 08:54
Last Modified: 02 Nov 2017 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28125

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum