CYBERBULLYING DUGAAN KASUS PENISTAAN AGAMA BASUKI TJAHAJA PURNAMA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (ANALISIS WACANA MICHEL FOUCAULT)

ANANG ABDUL RAHMAN, NIM. 13720033 (2017) CYBERBULLYING DUGAAN KASUS PENISTAAN AGAMA BASUKI TJAHAJA PURNAMA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (ANALISIS WACANA MICHEL FOUCAULT). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (CYBERBULLYING DUGAAN KASUS PENISTAAN AGAMA BASUKI TJAHAJA PURNAMA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (ANALISIS WACANA MICHEL FOUCAULT))
13720033_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (CYBERBULLYING DUGAAN KASUS PENISTAAN AGAMA BASUKI TJAHAJA PURNAMA DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM (ANALISIS WACANA MICHEL FOUCAULT))
13720033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Hadirnya dugaan kasus penistaan agama oleh Basuki Tjahaja Purnama menuai reaksi dari dunia riil ataupun dunia maya. Salah satunya cyberbullying yang dilakukan oleh berbagai akun di media sosial Instagram. Ketiadaan peristilahan cyberbullying di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menimbulkan persoalan makna yang ambivalensi atau kontradiktif. Seringkali dapat dijumpai pemahaman cyberbullying yang berbeda-beda. Hal tersebut menyebabkan struktur makna menjadi tumpuan dalam memahami cyberbullying pada persoalan dugaan kasus penistaan agama. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui bagaimana cyberbullying dugaan kasus penistaan agama Basuki Tjahaja Purnama melalui pandangan Michel Foucault. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis studi pustaka dengan metode analisis wacana. Metode pengumpulan data yang dilakukan yaitu berhubungan dengan teks, seperti unggahan foto, komentar dari cyberbullying dugaan kasus penistaan agama di media sosial Instagram dan beberapa literatur. Teori yang digunakan untuk menganalisis yaitu teori kuasa dan pengetahuan. Hasil penelitian menjelaskan bahwa rivalitas yang dipahami di media sosial Instagram sebagai realitas teks. Rivalitas tersebut merupakan ajang pertarungan kepentingan melalui pembentukan tafsir cyberbullying dengan memanfaatkan dugaan kasus penistaan agama. Pertarungan wacana cyberbullying diperebutkan oleh berbagai kelompok untuk membangun wacana, akan tetapi di masing-masing kelompok juga terjadi pertarungan dalam memperebutkan istilah cyberbullying. Melalui serangkaian mekanisme dalam pembentukan wacana cyberbullying, berimplikasi pada kekuasaan seperti selalu merasa diawasi dari adanya normalisasi ataupun kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Phil. Ahmad Norma Permata, S.Ag. M.A.
Uncontrolled Keywords: Realitas teks, Wacana Cyberbullying, Kuasa dan Pengetahuan.
Subjects: Sosiologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 09 Nov 2017 09:58
Last Modified: 09 Nov 2017 09:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28316

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum