STUDI KORELASI ANTARA KULTUR DEMOKRATIS DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN SIKAP MULTIKULTURAL SISWA DI SMAN 8 YOGYAKARTA

AMALIA ZULAIKHA, NIM. 13490030 (2017) STUDI KORELASI ANTARA KULTUR DEMOKRATIS DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN SIKAP MULTIKULTURAL SISWA DI SMAN 8 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (STUDI KORELASI ANTARA KULTUR DEMOKRATIS DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN SIKAP MULTIKULTURAL SISWA DI SMAN 8 YOGYAKARTA)
13490030_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (STUDI KORELASI ANTARA KULTUR DEMOKRATIS DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN SIKAP MULTIKULTURAL SISWA DI SMAN 8 YOGYAKARTA)
13490030_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian kuantitatif dengan model studi korelasi ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara variabel kultur demokratis (X) dengan variabel sikap multikultural (Y) ketika dikontrol dengan variabel strategi pembelajaran kolaboratif (Z) berdasarkan pada teori behaviorisme yang dikemukakan oleh Ivan Pavlov. Penelitian skripsi ini dilaksanakan di SMAN 8 Yogyakarta, dengan sampel sejumlah 256 siswa dari populasi sebesar 746 siswa. Penarikan sampel didasarkan pada kaidah probability sampling dengan teknik stratified sample. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kultur demokratis (X) sedangkan variabel dependen adalah sikap multikultural (Y). Selain itu terdapat pula variabel kontrol berupa strategi pembelajaran kolaboratif (Z).Instrumen pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi.Metode analisis data dalam penelitian ini terdiri dari statistik deskriptif dan statistik inferensial dengan bantuan SPSS (Statistical Package for Social Sciences) 16. Hasil perbandingan antara koefisien korelasi bivariate (X=kultur demokratis dan Y=sikap multikultural) dengan koefisien korelasi partial (X=kultur demokratis, Z=strategi pembelajaran kolaboratif, dan Y=sikap multikultural) menunjukkan bahwa koefisienryxryx.zyaitu 0.5920.382. Artinya, secara statistik cukup bukti untuk menyatakan bahwa pada angka kepercayaan 95%,kultur demokratis berhubungan dengan sikap multikultural karena dimediasi oleh strategi pembelajaran kolaboratif.Dengan demikian, kultur demokratis membutuhkan adanya strategi pembelajaran kolaboratif sehingga sikap multikultural dapat tertanam pada diri siswa. Jika pembelajaran di kelas tidak berlangsung dengan penerapan strategi pembelajaran kolaboratif maka kultur demokratis tidak akan pernah berpengaruh pada sikap multikultural siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kultur demokratis, strategi pembelajaran kolaboratif, sikap multikultural.
Uncontrolled Keywords: kultur demokratis, strategi pembelajaran kolaboratif, sikap multikultural.
Subjects: Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 10 Nov 2017 10:33
Last Modified: 10 Nov 2017 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28338

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum