SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT NURCHOLISH MADJID

NARISAN NIM: 04410775, (2009) SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT NURCHOLISH MADJID. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT NURCHOLISH MADJID)
BAB I, v.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img] Text (SISTEM PENDIDIKAN PESANTREN MENURUT NURCHOLISH MADJID)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Fenomena fundamentalis sering dikaitkan dengan segala aspek yang berbau tradisional dan konservatif. Demikian halnya dalam Islam sering sekali bermakna konotasi tidak menarik dan kurang bisa menjawab tantangan jaman. Sebenarnya kondisi tradisional sangat perlu dipertahankan keberadaannya, akan tetapi memiliki kewajiban untuk mengikuti situasi dan kondisi yang semakin hari semakin bertambah maju. Pesantren telah menjadi trend sejak masa perjuangan kemerdekaan Indonesia dulu, bertumpu kepada semangat juang dan keimanan kepada Yang Memberi Kemerdekaan bagi seluruh manusia, sekaligus menjadi tameng dari pengaruh tradisi barat pada masa itu. Masa sekarang pesantren masih banyak ditemukan di Indonesia, akan tetapi perannya sudah jauh berkurang seperti dulu, dikarenakan jaman dan waktu telah berubah. Cendekiawan sekaligus penulis karya-karya yang bertemakan pembaharuan, Nurcholish Madjid, dalam beberapa bukunya mengupas tentang bagaimana dan seperti apa pesantren sekarang. Apa yang menjadi penyebab pesantren dikatakan kolot, konservatif dan terlalu sempit memandang permasalahan umat pada masa kini. Yang menjadi inti dari kritiknya adalah masalah sistem pendidikan yang dipakai oleh pesantren. Dalam penelitian ini diungkap berbagai kontribusi pemikiran Nurcholish Madjid terhadap sistem pendidikan pesantren di Indonesia. Penelitian literer yang bersifat deskriptif dengan sumber primer karya-karya Nurcholish Madjid yang berkaitan dengan tema penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan hermeneutik dengan metode analisa interpretasi lingustik dan sosial background yang melingkupinya. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa Nurcholish Madjid secara umum menyoroti 3 aspek dalam sistem pendidikan pesantren ini, yaitu; pertama, segi metodologi pengajaran pesantren yang masih sentralistik pada satu kekuasaan tertinggi kiai. Kedua, segi tujuan dari pendidikan terlalu melulu mengurus akhirat sedangkan dunia selalu terabaikan, dan ketiga, adalah segi kurikulum, dimana materi pengajaran pesantren hanya berkutat di bidang agama dan moral. Modernisasi yang diusung lebih bertujuan agar pesantren yang notabene sangat kuat keagamaannya sangat cocok untuk menerapkan sistem pendidikan modern, dimana manusia liberal yang lebih mengedepankan akal akan terimbangi dengan kuatnya segi keagaman yang didapat di pesantren. Nurcholish Madjid melihat potensi pesantren Indonesia bisa menjadi solusi bagi sistem pendidikan nasional dengan syarat harus membenahi sedikitnya 3 aspek di atas. Yaitu dengan memaknai kembali pemahaman pembaharuan pesantren, memiliki jiwa kepemimpinan yang legitimate dan mempunyai skill dalam proses perubahan dan visi pendidikan pesantren harus dipertegas dan dikembangkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Mahmud Arif, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Sistem, Pendidikan, Pesantren, Nurcholish Madjid
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 03 Sep 2012 20:30
Last Modified: 03 Sep 2012 20:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2858

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum