PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEMA TIK INTEGRA TIF MULTIDISIPLINER ADOBE FLASH PROFESSIONALCS6PADA TEMAPAHLAWANKU SD N PUTREN BANTUL

ERIKA DWI FITRIYANI, NIM. 13480035 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEMA TIK INTEGRA TIF MULTIDISIPLINER ADOBE FLASH PROFESSIONALCS6PADA TEMAPAHLAWANKU SD N PUTREN BANTUL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEMA TIK INTEGRA TIF MULTIDISIPLINER ADOBE FLASH PROFESSIONALCS6PADA TEMAPAHLAWANKU SD N PUTREN BANTUL)
13480035_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (21MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN TEMA TIK INTEGRA TIF MULTIDISIPLINER ADOBE FLASH PROFESSIONALCS6PADA TEMAPAHLAWANKU SD N PUTREN BANTUL)
13480035_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

Etika Dwi Filliyani "Pengembangan Media Interaktif Pembelajaran Tematik Integratif Multidisipliner Adobe Flash Professional CS6 Pada Tema Pahlawanku SD N Putren". Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan lhnu Keguruan VIN Sunan Kalijaga, 2017. Perkembangan ihnu pengetahuan dan teknologi semakin mendorong upayaupaya pembaharuan dalam pemanfaatan hasil -hasil teknologi dalam proses belajar. Para guru dittmtut agar mampu menggunakan alat-alat yang dapat d isediakan oleh sekolah, gmu juga dituntut untuk dapat mengembangkan keterampi Jan membuat media pembelajaran yang akan digw1akannya apabila media tersebut belum tersedia. Untuk itu guru hams memiliki pengetahuan dan pemahaman yang cukup tentang media pembelajaran interaktif. Salah satunya yaitu alobe flash professional cs6 yang dapat digunakan untuk membuat animasi pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian bertujuan untuk : menghasilkan media pembelajaran interaktif tematik lema pahlawanku untuk siswa kelas IV SD/Ml; memperoleh kualitas kelayakan media; mengetalllli respon peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif; mengetahui respon gmu terhadap media pembelajaran interaktif; mengetahui respon gmu. Desain penelitian mengacu pada model pengembangan 40 tetapi terbatas pada tiga tabap saja. Yaitu define, design dati development. Subjek penelitian adalah 10 peserta didik perwakilan 5 peserta didik dari kelas IV A, dan 5 peserta didik dari kelas IV B di SON Putren. lnstmmen yang digunakan dalam penelitian yaitu angket evaluasi media oleh ahli materi, ahli media, peer reviewer dan gmu, serta angket respon siswa. Analisis data menggunakan teknik triangulasi dengan instrumen pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian memperoleh: pengembangan med ia pembelajaran interaktif tematik tema pahlawanku di laksanakan dengan 3 tahap yaitu define, design, develop dari 4 tahap media pembelajru·an interaktif yang mesti dilakukru1; kualitas kelayakan d iperoleh berdasru·kan penilaian ahli materi yang mendapatkan rata-rata skor 34, dengan kriteria Sangat Baik (SB), dengan persentase keidealan 85%. Berdasru"kan ahli med ia, diperoleh rata-rata skor 45 kriteria Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 81,81%. Penilaian media oleh peer reviewer diperoleh rata-rata skor 89 kriteria Sangat Baik (SB) dengru1 persentase keidealan 93,68%; hasil analisis data angket respon siswa menunjukkan bahwa media pembelajru·an memiliki rata-rata skor 12,2 kriteria Sangat Baik (SB), dengan persentase keidealan 93,84%. Sedangkan penilaian dan respon o leh gmu diperoleh rata-rata skor 89 kriteria Sangat Baik (SB) dengan persentase keidealan 93,68%. Maka, med ia pembelajaran tematik integratif multidisipliner adobe flash professional cs6 Jayak dan dapat digunakan untuk pembelajru·an tematik tema pahlawanku.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.l.
Uncontrolled Keywords: Media, Adobe Flash Professional CS6, Tema Pahlawanku
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 06 Dec 2017 14:08
Last Modified: 06 Dec 2017 14:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28600

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum