IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA MENGGUNAKAN SOAL ESAI BAGI SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN

YUNITA ARIYASTUTI, NIM. 13480075 (2017) IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA MENGGUNAKAN SOAL ESAI BAGI SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA MENGGUNAKAN SOAL ESAI BAGI SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN)
13480075_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (IDENTIFIKASI MISKONSEPSI IPA MENGGUNAKAN SOAL ESAI BAGI SISWA CERDAS ISTIMEWA DI SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN)
13480075_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Yunita Ariyastuti, "Identifikasi Miskonsepsi IPA Menggunakan Soal Esai Bagi Siswa Cerdas Istimewa Di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman". Skripsi. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2017. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) miskonsepsi apa saja yang terjadi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa Cerdas Istimewa di SD Muhammadiyah Condongcatur, (2) apa saja faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam siswa Cerdas Istimewa di SD Muhammadiyah Condongcatur. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif yang dilakukan dengan cara mengadakan identifikasi miskonsepsi IPA menggunakan soal esai terhadap siswa kelas Cerdas Istimewa IPA. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: partisipasi siswa kelas Cerdas Istimewa IPA dalam menjawab soal esai, hasil wawancara dengan guru, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) miskonsepsi IPA yang terjadi pada siswa Cerdas Istimewa Di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman pada konsep bentuk dan fungsi bagian tubuh pada hewan dan tumbuhan dengan presentase 62,5%, 37,5%, dan 37,5%, miskonsepsi pada konsep gaya sebesar 25% dan 12,5% (2) ditemukannya faktor penyebab terjadinya miskonsepsi yaitu siswa sendiri, dikarenakan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi, kurangnya keseriusan dalam mengerjakan soal dan soal yang diberikan jika dikategorikan dalam soal pembinaan Olimpiade Sains Nasional masih pada level soal yang biasa atau mudah (karena msih konsep dasar).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, S. Pd. I. M. Pd. I.
Uncontrolled Keywords: Identifikasi, Miskonsepsi, IPA, Siswa Cerdas Istimewa.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Dec 2017 10:32
Last Modified: 13 Dec 2017 10:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28622

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum