ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DI KELAS VC SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA

NUNUNG PARYATI, NIM. 13480080 (2017) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DI KELAS VC SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DI KELAS VC SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA)
13480080_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (13MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS DI KELAS VC SD MUHAMMADIYAH CONDONGCATUR SLEMAN YOGYAKARTA)
13480080_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Nunung paryati. Analisis Kemampuan Literasi Sains di Kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yoyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Latar belakang penelitian adalah penilaian terbaru PISA (Programme For Internasional Student Assesment) tahun 2015 terhadap kemampuan literasi sains peserta didik di Indonesia mendapatkan skor 403 dari rata-rata 493, skor tersebut terbilang masih rendah jika dibandingkan negara Asia lainnya misalnya Singapura dengan skor 556 dan Jepang 538. Dari 70 negara yang disurvey oleh PISA peringkat literasi sains peserta didik di Indonesia hanya menempati posisi 62. Kondisi tidak berbeda juga dihadapi oleh pelajar di kota Yogyakarta yang menyandang predikat kota pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari hasil INAP (Indonesia National Assesment Programme) 2012 yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian Pendidikan (Puspendik) Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dengan melibatkan 2 Provinsi perintis yaitu DIY dan Kalimantan Timur. Berdasarkan skor yang didapat, terlihat bahwa tingkat literasi sains peserta didik DIY hanya menunjukkan hasil yang baik pada level knowing, namun kurang baik di level applying, bahkan lebih kurang lagi di level reasoning. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif non eksperimental dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan instrumen Tes berbentuk soal pilihan ganda yang telah divalidasi isi dan konstruk oleh ahli dan validasi empiris meggunakan program IBM SPSS Statistic 22 dengan analisis korelasi bivariat dan menggunakanrumus Product Moment Correlation. Populasinya yakni peserta didik kelas V dan sampelnya peserta didik kelas VC dengan pengambilan sampel teknik Simple Random Sampling di SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta. Analisis data yang dilakukan yakni dengan statistik deskriptif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan literasi sains peserta didik di kelas VC SD Muhammadiyah Condongcatur Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016-2017 terbagi menjadi 5 kriteria. Kriteria sangat tinggi terdapat 7 peserta didik atau sebanyak 19,44%, kriteria tinggi terdapat 5 peserta didik atau sebanyak 13,88%, kriteria sedang terdapat 16 peserta didik atau sebanyak 44,44%, kriteria rendah terdapat 3 peserta didik atau sebanyak 8,33% dan kriteria sangat rendah terdapat 5 peserta didik atau sebanyak 13,88%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Fitri Yuliawati, M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: PISA, Kemampuan Literasi Sains, SD Muhammadiyah Condongcatur
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 13 Dec 2017 10:35
Last Modified: 13 Dec 2017 10:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28624

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum