IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SDN KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA

FAJAR SUKRON, NIM. 13480111 (2017) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SDN KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SDN KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA)
13480111_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN MELALUI PROGRAM ADIWIYATA DI SDN KOTAGEDE 3 YOGYAKARTA)
13480111_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Fajar Sukron, Implementasi Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan Melalui Program Adiwiyata di SDN Kotagede 3 Yogyakarta. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2017. Penelitian dilatar belakangi oleh banyaknya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh perilaku manusia yang kurang peka dan peduli terhadap lingkungan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui program adiwiyata, implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SDN Kotagede 3 serta faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan di SDN Kotagede 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan studi kasus di SDN Kotagede 3 Yogyakarta. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang peneliti peroleh dianalisis dengan menyeleksi dan menyusun data, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Data diperiksa keabsahannya melalui teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program adiwiyata berupa kebijakan berwawasan lingkungan, pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, kegiatan lingkungan berbasis partisipatif, pengelolaan sarana pendukung ramah lingkungan. 2) Implementasi pendidikan karakter peduli lingkungan berupa kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, integrasi mata pelajaran, dan budaya sekolah. 3) Faktor pendukung partisipasi sekolah, guru dan karyawan, kerjasama dengan instansi lain, sarana prasarana yang memadai, partisipasi wali peserta didik dan faktor penghambat berupa faktor lingkungan keluarga dan masyarakat, perbedaan karakter peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Hj. Dra. Asnafiyah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Karakter Peduli Lingkungan, Adiwiyata
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Miftahul Ulum [IT Staff]
Date Deposited: 15 Dec 2017 08:02
Last Modified: 15 Dec 2017 08:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28633

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum