DETERMINAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2011-2016

INDAH LASEARI, NIM. 13820039 (2017) DETERMINAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2011-2016. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2011-2016)
13820039_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN PEMBIAYAAN MUDHARABAH PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2011-2016)
13820039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pembiayaan murabahah yang mendominasi pembiayaan perbankan syariah di Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa pembiayaan dengan basis jual-beli (murabahah) memiliki kontribusi yang lebih besar dibandingkan dengan pembiayaan dengan basis bagi hasil salah satunya adalah mudharabah. Padahal secara konsep, untuk menuju perbankan syariah ideal seharusnya pembiayaan dengan akad profit loss sharing (PLS) lebih dominan. Namun kenyataannya yang terjadi saat ini adlah pembiayaan non PLS yang lebih dominan. Adapun yang menjadi pertanyaan penelitian ini adalah “ Bagaimana dana pihak ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Tingkat Bagi Hasil (TBH) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) mempengaruhi pembiayaan mudharabah periode 2011-2016”. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh masing-msing variabel, Dana Pihak Ketiga (DPK) (X1), Non Performing Financing (NPF) (X2), Tingkat Bagi Hasil (TBH) (X3) dan Capital Adequacy Ratio (CAR) (X4) terhadap pembiayaan Mudharabah (Y). Populasi dari penelitian ini adalah Bank Umum Syariah (BUS) di Indonesia, sampel yang diambil adalah Bank Syariah Mandiri, Bank Negara Indonesia Syariah, Bank Panin Syariah, Bank Bukopin Syariah, Bank Rakyat Indoneia Syariah dan Bank Muamalat. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan menggunakan bantuan program Eviews 8. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel DPK, NPF, TBH dan CAR secara simultan mempunyai pengaruh terhadap pembiayaan Mudharabah. Hasil uji koefisien determinasi menunjukkan bahwa keempat variabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 89,60 %dan sisanya 10,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Secara parsial DPK dan CAR memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembiayaan mudharabah. Sedangkan NPF dan TBH tidak memiliki pengaruh terhadap pembiayaan mudharabah. Kata Kunci : Pembiayaan Mudharabah, Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Tingkat Bagi Hasil (TBH) dan Capital Adequacy Ratio (CAR).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: SUNARYATI, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Pembiayaan Mudharabah, Dana Pihak Ketiga (DPK), Non Performing Financing (NPF), Tingkat Bagi Hasil (TBH) dan Capital Adequacy Ratio (CAR).
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 18 Dec 2017 10:47
Last Modified: 18 Dec 2017 10:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28670

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum