PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI HATI PADA AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DAMESTICUS) DAN AYAM BROILER (GALLUS GALLUS DOMESTICUS SUPER STRAIN7T)

ADRIANA NUFUS AMELIANI, NIM. 11640043 (2017) PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI HATI PADA AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DAMESTICUS) DAN AYAM BROILER (GALLUS GALLUS DOMESTICUS SUPER STRAIN7T). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI HATI PADA AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DAMESTICUS) DAN AYAM BROILER (GALLUS GALLUS DOMESTICUS SUPER STRAIN7T))
11640043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERBANDINGAN ANATOMI DAN HISTOLOGI HATI PADA AYAM KAMPUNG (GALLUS GALLUS DAMESTICUS) DAN AYAM BROILER (GALLUS GALLUS DOMESTICUS SUPER STRAIN7T))
11640043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Secara anatomi tidak ditemui adanya kelainan pada hati ayam baik pada ayam broiler maupun ayam kampung baik jantan ataupun betina. Pada warna hati terdapat perbedaaan baik pada hati ayam broiler maupun ayam kampung pada ayam jantan dan ayam betina, namun semuanya masih dalam ambang batas normal. Pada berat badan dijumpai perbedaan yang signifikan dimana ayam broiler lebih berat dibandingkan dengan ayam kampung baik jantan ataupun betina. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diketahui ukuran hati pada masing-masing ayam terdapat perbedaan baik pada ayam broiler dan kampong jantan dan betina. Perbedaan secara histologi ditunjukkan dengan adanya peradangan pada ayam broiler jantan dan betina, dan pada ayam kampung betina. Peradangan yang terjadi pada masing-masing hati ayam merupakan nekrosis fokal. Hal ini disebabkan karena peradangan yang terjadi pada hati hanya pada bagian tertentu saja. Sedangkan ayam kampung jantan tidak mengalami peradangan sel. 1. Diperlukan penelitian lebih lanjut dengan pengamatan pola ransum ayam sebelumnya sehingga dapat mengetahui pengaruh pola ransum terhadap perbedaan anatomis maupun histologis. 2. Diperlukan penelitian lebih lanjut pada jenis ayam yang berbeda (misalkan pada ayam hias dan ayam penyanyi) sebagai bagian dari analisis menyeluruh perbedaan anatomis dan histologis hepar ayam dengan variasi yang berbeda.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. M. Ja’far Luthfi M.Si., Ph.D
Uncontrolled Keywords: Perbandingan Anatomi, Histologi Hati, Ayam Kampung dan Ayam Broiler
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jan 2018 11:09
Last Modified: 02 Jan 2018 11:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28805

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum