IMPLEMENTASI BERMAIN PERAN DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B2 DI PLAY GROUPTAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (PG-TKIT) SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA

SIDRATUL KHASANAH, NIM. 13430007 (2017) IMPLEMENTASI BERMAIN PERAN DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B2 DI PLAY GROUPTAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (PG-TKIT) SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BERMAIN PERAN DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B2 DI PLAY GROUPTAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (PG-TKIT) SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA)
13430007_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BERMAIN PERAN DALAM MENGOPTIMALKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B2 DI PLAY GROUPTAMAN KANAK-KANAK ISLAM TERPADU (PG-TKIT) SALSABILA AL-MUTHI’IN YOGYAKARTA)
13430007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui implementasi bermain peran di B2 PGTKIT Salsabila AL-Muthi’in, (2) untuk mengetahui hasil dari bermain peran dalam meningkatkan sosail emosional kelompok B2 Implementasi Bermain dalam Mengoptimalkan Sosial Emosional Anak di Kelas B2 PG-TKIT Salsabila Al-Muthi’in, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan bermain peran dalam meningkatkan sosial emosonal B2 PG-TKIT Salsabila Al-Muthi’in. Peneltian ini menggunakan metode kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu penyajian data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya, sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian. Pemerikasaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa: (1) Impelementasi bermain peran, guru menggunakan 4 pijakan yaitu pijakan lingkungan, pijakan sebelum main, pijakan saat main, pijakan setelah main. (2) Hasil dari metode bermain peran dalam mengoptimalkan sosial emosional anak usia dini dibuktikan dengan anak berkembang sesuai dengan sangat baik, seperti anak mampu bertanggung jawab, anak mampu bekerjasama, anak mampu mengenal perasaan sendiri dan mengelola secara wajar, anak mampu saling berbagi, anak mampu menunjukan sikap empati. (3) Faktor pendukung adanya dukungan dari kepala sekolah dan guru –guru, serta orang tua wali, minat peserta didik, sarana prasarana, strategi, media, permainan. Faktor penghambat dalam pelaksanaan bermain peran dalam mengoptimalkan sosial emosional anak yaitu kurangnya waktu atau jadwal dalam kegiatan bermain sentra, serta media atau bahan yang sesuai tema sangat sulit didapatkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: bermain peran dan sosial emosional
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jan 2018 13:53
Last Modified: 03 Jan 2018 10:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28807

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum