PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS B1 TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN

NOFI IRWANDANI, NIM. 13430020 (2017) PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS B1 TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS B1 TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN)
13430020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS B1 TKIT SALSABILA AL MUTHI’IN)
13430020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Matematika adalah bahasa simbol tentang berbagai gagasan dengan menggunakan istilah-istilah yang didefinisikan secara cermat, jelas dan akurat. Tidak dapat dipungkiri ahwa kehidupan manusia sebagai makhluk sosial selalu membutuhkan matematika dalam kegiatan sehari-hari. Mengingat betapa pentingnya matematika, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran matematika dan melihat kemampuan matematia anak didik di kelas B1 TKIT Salsabila Al Muthi’in. Peneliti melihat kemampuan anak didik menggunakan standar matematika nak usia dini dan indikator kognitif anak usia lima sampai tujuh tahun yaitu mengenali konsep benda, warna, ukuran, pola dan klasifikasi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dimana peneliti menggambarkan secara umum pembelajaran matematika dan kemampuan mengenal bentuk, warna, ukuran, pola dan klasifikasi di kelas B1 TKIT Salsabila Al Muthi’in seta mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambar dalam pembelajaran di kelas. Sumber data diperoleh peneliti dari kepala sekolah, dua guru kelas B1, guru sentra dan anak didik kelas B1. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan obervasi partisipasi pasif, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakandalam penelitian ini yaitu menyajikan data dalam bentuk tulisan dan menerangkan apa adanya sesuai dengan data yang diperoleh dari hasil penelitian.. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triagulasi teknik. Hasil penelitian menggambarkan (1) pembelajaran matematika anak didik kelas B1 sangat menarik. Guru menyampaikan materi pembelajaran menggunakan benda-benda konkrit supaya anak didik lebih antusias belajar dan lebih mudah untuk mengingat. (2) Anak didik B1 dapat mengenal konsep bentuk, warna, ukuran, pola dan klasifikasi sesuai dengan indikator kognitif anak usia 5-6 tahun. (3) Faktor pendukung pembelajaran matematika kelas B1 TKIT Salsabila Al Muti’in adalah guru dan media. Sedaangkan yang menjadikan faktor penghambatnya adalah anak didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Suyadi, S.Ag., M.A
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matemtika Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 02 Jan 2018 14:40
Last Modified: 03 Jan 2018 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/28817

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum