STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNANETRA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI KELAS XI IPS MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA

Hamdani Nadhir NIM. 04410749, (2009) STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI SISWA TUNANETRA BERDASARKAN KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN DI KELAS XI IPS MAN MAGUWOHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan strategi pembelajaran PAI bagi siswa tunanetra yang berbasis pada kurikulum tingkat satuan pendidikan di kelas XI IPS MAN Maguwoharjo Yogyakarta, implementasi strategi tersebut dalam proses pembelajaran, dan hambatan dalam pengimplementasian strategi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar MAN Maguwoharjo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif analitik yaitu mendeskripsikan dan menganalisa semua hal yang menjadi fokus dalam penelitian ini. Penulis menggunakan metode Triangulasi Data, yaitu melakukan pengecekan data wawancara dengan data hasil observasi pembelajaran di kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Siswa Tunanetra di Kelas XI IPS MAN Maguwoharjo Yogyakarta meliputi tindakan-tindakan operasional-interaktif guru di kelas. Tindakan guru berhubungan dengan pelaksanaan siasat dan taktik dalam mengoperasionalkan pelaksanaan metode, teknik, prosedur pembelajaran, maupun siasat dan taktik operasional dalam penggunaan media dan sumber pembelajaran. Metode yang digunakan terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, diskusi, pemberian tugas dan latihan. Sedangkan dalam penggunaan media dan sumber pembelajaran, sebagian guru menggunakan media dan sumber pembelajaran yang modern dalam menyampaikan materi sehingga memenuhi ketentuan atau tuntutan dari adanya Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). (2) Dalam pengimplementasian strategi pembelajaran berbeda dengan kelas yang hanya siswa biasa saja, yaitu guru memberikan perlakuan khusus bagi siswa tunanetra. Misalnya pada waktu ceramah atau praktek langsung, guru lebih banyak melakukan pendekatan kepada siswa tunanera. Guru memberikan pendekatan secara individual dan memberikan perhatian yang lebih supaya siswa tunanetra seperti memberi pertanyaan kepada siswa apakah sudah paham atau belum tentang materi yang sedang disampaikan. (3) Problematika yang dihadapi pada saat pengimplementasian strategi pembelajaran adalah dari pihak Guru PAI, mereka belum pernah mendapatkan pendidikan khusus bagi siswa tunanetra; dari pihak Siswa tunanetra, untuk memahami materi mereka memerlukan waktu yang lebih lama dibandingkan siswa normal; dari pihak sarana, belum adanya buku pelajaran khusus bagi siswa tunanetra yang bertuliskan braille. Adapun hal tersebut diatasi dengan berbagai cara, yaitu: mengadakan guru pembimbing khusus bagi siswa tunanetra, menjalin kerjasama dengan berbagai pihak/lembaga dalam hal pengadaan buku pelajaran yang bertuliskan braille bagi siswa tunanetra.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Sabarudin, M.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunanetra
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Last Modified: 04 May 2012 23:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/2936

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum