PENGEMBANGAN MODUL KIMIA ASAM BASA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK SMA/MA KELAS XI

INDRIE NOOR LATIFA, NIM. 13670017 (2017) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA ASAM BASA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK SMA/MA KELAS XI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA ASAM BASA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK SMA/MA KELAS XI)
13670017_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (27MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA ASAM BASA BERBASIS LEARNING CYCLE 5E BERWAWASAN LINGKUNGAN HIDUP UNTUK SMA/MA KELAS XI)
13670017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk 1) mengembangkan modul kimia asam basa berbasis learning cycle 5E berwawasan lingkungan hidup, 2) mengetahui kualitas modul berdasarkan ahli materi, ahli media dan reviewer, 3) mengetahui respon peserta didik terhadap modul dan 4) menguji efektivitas modul terhadap hasil belajar kognitif peserta didik berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadaptasi model 4-D (define, design, develop and disseminate) dibatasi sampai tahap develop. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing, dua dosen ahli materi, satu dosen ahli media dan lima peer reviewer. Produk ini dinilaikan kualitasnya oleh dua ahli materi, satu ahli media dan lima guru kimia serta direspon oleh sepuluh peserta didik SMA/MA kelas XII. Instrumen penilaian produk terdiri dari lembar penilaian kualitas untuk ahli materi dan ahli media menggunakan skala guttman dan reviewer menggunakan skala likert empat skala. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui respon peserta didik digunakan lembar penilaian respon menggunakan skala guttman. Uji efektivitas modul menggunakan soal tes kemampuan kognitif dengan hasil yang didapat diubah dari data kuantitatif menjadi kualitatatif menghasilkan persentase ketuntasan yang dibandingkan dengan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian pengembangan ini adalah media modul kimia asam basa berbasis model learning cycle 5E yang terdiri dari lima tahap yaitu 1) engagement, 2) exploration, 3) explanation, 4) elaboration dan 5) evaluation yang dipadukan denganmuatan lingkungan hidup pada tahap elaboration. Hasil penilaian kualitas modul oleh ahli materi mendapatkan skor rata-rata 0,96 dengan persentase keidealan 96% dan ahli media mendapatkan skor rata-rata 0,83 dengan persentase keidealan 83% termasuk kategori Baik (B). Penilaian produk oleh reviewer mendapatkan skor rata-rata 3,52 dengan persentase keidealan 91,7% termasuk kategori Sangat Baik (SB) dan hasil respon peserta didik mendapatkan skor rata-rata 0,93 dengan persentase 93% dengan kategori respon Baik (B). Efektivitas penggunaan modul terhadap kemampuan hasil belajar kognitif menghasilkan 60% peserta didik yang tuntas berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), sehingga modul efektif digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Khamidinal M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Modul Kimia, Model Learning cycle 5E, Wawasan Lingkungan Hidup, Asam basa
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Feb 2018 11:35
Last Modified: 12 Feb 2018 11:35
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29426

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum