PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN PARADIGMA INTEGRASI ISLAM DAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN

NURAYNI ZULFA, NIM. 13670021 (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN PARADIGMA INTEGRASI ISLAM DAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN PARADIGMA INTEGRASI ISLAM DAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN)
13670021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 7E DENGAN PARADIGMA INTEGRASI ISLAM DAN SAINS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS XII PADA MATERI POKOK SIFAT KOLIGATIF LARUTAN)
13670021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi experiment dengan desain posttest-only control design yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan paradigma integrasiislam dan sains terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas XII pada materi pokok sifat koligatif larutan. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XII IPA MAN 4 Bantul tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 69 peserta didik. Sampel dalam penelitian ini menggunakan seluruh populasi kelas XII IPA sehingga pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas XII IPA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 34 peserta didik dan XII IPA 2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 35 peserta didik. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian posttest dan observasi untuk mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji independent sample t-test (uji- t)yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas untuk menganalis data hasil posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan paradigm integrasi islam dan sains terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini ditunjukkan dan dibuktikan dari uji indpendent sample t-test dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,047 0,05 maka H0 ditolak. Artinya, terdapat perbedaan rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Learning Cycle 7E dengan paradigma integrasiislam dan sains mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada peserta didik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Asih Widi Wisudawati, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran Learning Cycle 7E, paradigma integrasiislam dan sains, kemampuan berpikir kritis, sifat koligatif larutan
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Feb 2018 14:42
Last Modified: 12 Feb 2018 14:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29431

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum