PENGARUH MODEL TRI N (NITENI, NIROKKE DAN NAMBAHI) AJARAN KI HAJAR DEWANTARA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK

FARINTIS JIHADUL ALIVI, NIM. 13670044 (2017) PENGARUH MODEL TRI N (NITENI, NIROKKE DAN NAMBAHI) AJARAN KI HAJAR DEWANTARA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH MODEL TRI N (NITENI, NIROKKE DAN NAMBAHI) AJARAN KI HAJAR DEWANTARA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK)
13670044_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (15MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH MODEL TRI N (NITENI, NIROKKE DAN NAMBAHI) AJARAN KI HAJAR DEWANTARA TERHADAP HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK)
13670044_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Keadaan peserta didik Indonesia yang menempati peringkat 10 besar terbawah dari 65 negara menyebabakan perlunya pengakajian ulang terhadap proses pembelajaran yang ada di Indonesia pada aspek literasi membaca, matematika dan sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji 1) ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap hasil belajar peserta didik 2) ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan data hasil observasi 3) ada tidaknya pengaruh penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan data hasil self assessment. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian quasi experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di MAN 2 Yogyakarta kelas XI MIPA Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017 pada Materi Pokok Hidrolisis Garam. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA yang terdiri atas tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampel jenuh. Sampel yang diambil pada penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 (sebagai kelas kontrol) dan XI MIPA 2 (sebagai kelas eksperimen). Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan cara ujian yaitu pre-test dan post-test, observasi dan self assessment. Teknik pengambilan data yang berbeda pada penelitian ini memiliki teknik analisis sama yaitu data hasil belajar dan hasil keterampilan proses sains menggunakan uji statistik non parametrik uji Mann-Whitney. Hasil penelitian menunjukkan 1) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap hasil belajar peserta didik dibuktikan dengan nilai P 0,05 yaitu sebesar 0,644. 2) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan hasil observasi dengan nilai P 0,05 yaitu sebesar 0,688 dan 3) tidak ada pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara terhadap keterampilan proses sains peserta didik berdasarkan hasil self assessment dengan nilai P 0,005 yaitu sebesar 0,936.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Shidiq Premono, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Tri N Ki Hajar Dewantara, hasil belajar dan keterampialn proses sains.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Zaenal Arifin, S.Sos.I., S.IPI.
Date Deposited: 12 Feb 2018 15:53
Last Modified: 12 Feb 2018 15:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/29435

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum